Berita Terbaru


21-02-2018 | Hit : 53

RSUP Dr Kariadi Peringati Hari Kanker Anak SeDunia 2018

undefinedkanker

Semarang (15/2) RSUP Dr. Kariadi bekerjasama dengan Yayasan Kasih Anak  Kanker Indonesia (YKAKI) , menggelar aneka kegiatan untuk memperingati Hari Kanker Anak Se Dunia 2018, di Aula Diklat RSUP Dr. Kariadi.

Kegiatan tersebut diantarannya adalah lomba menggambar untuk anak-anak dan Talk Show mengenai pencegahan dan pengobatan penyakit Kanker, dan aneka hiburan untuk membangkitkan semangat dan keceriaan anak-anak yang sedang menjalani perawatan dan berjuang melawan kanker.

Acara tersebut mengangkat tema "Aksi Deteksi Dini Kanker Pada Anak Melalui Gerakan Masyarakat Sehat Peduli Kanker Anak" tersebut menghadirkan sekitar 300 peserta, diantaranya pasien kanker anak yang sedang dirawat maupun yang tidak sedang dirawat, keluarga pasien, kader PKK di kota Semarang, Dharma wanita Persatuan Kota Semarang dan Dokter Puskesmas.

Membuka acara Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Dr. Kariadi Dr. Agoes Oerip Poerwoko, SpOG(K) menyampaikan bahwa mulai tahun 2016 terjadi peningkatan jumlah pasien penyakit tidak menular yang di antaranya penyakit kanker semakin bertambah. Khusus untuk kanker anak menurut WHO 150.000 anak pertahun mengidap penyakit kanker.

Lebih lanjut  Dr Agoes menyampaikan penyakit kanker anak bisa di deteksi sejak dini, karenanya pada acara hari tersebut menghadirkan banyak nara sumber untuk menjelaskan dan memberikan langkah –langkah tepat untuk menangani masalah kanker apabila anak sudah terdeteksi sejak dini.

Berbicara pada hari yang sama, dr. Bambang Sudarmanto, Sp.Ak. Mars. Spesialis anak Konsultan Penyakit Darah dan Kanker Anak menjelaskan, tujuan diselenggarakannya acara tersebut adalah agar penyakit kanker pada anak bisa ditemukan lebih dini oleh masyarakat pada umumnya." Harapannya semakin penyakit kanker ditemukan lebih dini itu lebih mudah diobati dibanding yang sudah stadium lanjut," ucap dr. Bambang.

Untuk acara Talk Show di isi oleh narasumber Dr. Bambang Sudarmanto, Sp. A(K) MARS, 
membahas tentang Deteksi Dini Kanker pada Anak. DR. Dr. Moedrik Tamam. Sp. A (K) mengangkat masalah Peran Stake Holder Pelayan Kesehatan untuk Deteksi Dini Kanker Anak  terakhir Siti Musarofah, S.Kep.,Ns membahas tentang Merawat anak dengan kanker di rumah sakit dan di rumah.

(Yersinanda -  Hukmas RSUP Dr. Kariadi Semarang)

Navigation