Berita Terbaru


23-02-2018 | Hit : 90

SIMULASI PENANGANAN KEBOCORAN RADIASI

DI INSTALASI RADIOTERAPI RSUP Dr. KARIADI

 

Semarang(23/02) - Pasien sedang menjalani penyinaran di Instalasi Radioterapi RSUP Dr. Kariadi mengalami kerusakan, sehingga mesin Cobalt  shinva tidak bisa mati secara otomatis. untuk menanggulangi hal tersebut, petugas operator radioterapi RSUP Dr. Kariadi segera menugaskan tim PKSR dan PPR untuk menangani masalah tersbut yaitu  satu orang untuk mengukur radiasi, dua orang melakukan evakuasi pasien dan petugas lainnya  mematikan peralatan Cobalt  shinva  yang mengalami kerusakan.

 undefinedradioterapi

Cerita tersebut merupakan sebagian adegan simulasi penanganan kebocoran radiasi yang dilakukan oleh TIM K3 RSUP Dr. Kariadi pada Kamis, 22 Februai 2018 dalam mengantisipasi kejadian yang tak terduga di Rumah Sakit, yaitu salah satunya kebocoran radiasi.

Saat ini RSUP Dr. Kariadi memiliki lebih dari 3 alat radioterapi yang membutuhkan perhatian khusus, oleh karena itu setiap petugas dan karyawan yang terlibat langsung maupun tidak langsung harus mengerti dan memahami bagaiman proses penyelamatan jika terjadi kebocoran maupun hal-hal serius lainnya yang membutuhkan reaksi cepat dan tepat.

Sebuah simulasi keselamatan perlu dilakukan karena kegiatan tersebut dapat mengukur dan melihat kemampuan SDM dan Sumber daya yang ada di Rumah Sakit dalam menangani sebuah situasi kegawatdaruratan.

(Suprih-Humas RSUP Dr. Kariadi)

Navigation