Pelayanan Unggulan


08-11-2017 | Hit : 41

dr Heru Dwi Jatmiko, Sp. An
Caption

Kelompok Staf Medis Anestesi menyediakan layanan canggih untuk mengatasi nyeri setelah bedah tumor. 
dr Heru Dwi Jatmiko, Sp.An mengatakan keluhan tersebut umum terjadi pada pasien setelah menjalani operasi.

"Pasien penderita tumor itu problemnya selalu masalah nyeri. Tidak hanya sekadar dikasih obat diminum dan infus, tapi ada alat canggih yang berkembang. Tujuan untuk mencari solusi menghilangkan rasa nyeri pada pasien yang mengalami gangguan pernafasan atau intubasi tumor ganas, serta transpalasi usus buntu, ginjal, liver serta sumsum tulang," kata dr Heru Dwi Jatmiko.

Dikatakan bahwa untuk penanganan pasien dengan kondisi nyeri yang dirasakan berkepanjangan dengan menyiapkan alat canggih yang modern seperti mesin Computerized Ambulatory Drug Delivery (CADD).

"Kita ada alatnya di RSUP Kariadi, adapun alat itu nantinya disetting dengan kondisi pasien yang merasakan kesakitan nyeri. Jika pasien merasakan sakit, tinggal pasien menekan satu tombol agar obat bekerja untuk menghilangkan nyeri. Jadi tidak harus panggil perawat, kecuali perlu tambahan obat lain," terangnya.

Untuk kasus paling terbanyak dalam spesialis anestesi sendiri lebih ke penanganan pasien intubasi atau gangguan kesulitan dalam pernafasan. Untuk tindakan pada operasi sendiri akan dilakukan pemasangan selang pada bagian tubuh memberikan tablet dan injeksi.

"Karena menangani pasien jumlah terbanyak untuk rujukan tidak bisa lagi merujuk ke rumah sakit lain. Kedepan jumlah alatnya akan ada penambahan lagi. Untuk alat ada tiga yakni video laringoskopi, video bronkoskopi, dan fiberoptik bronkoskopi,"pungkasnya.

 

 

Navigation