Pelayanan Unggulan


17-11-2017 | Hit : 13

Tim Bedah Transpalansi Ginjal
Tim Bedah Transpalansi Ginjal

 

Pelayanan penangangan transpalasi ginjal di RSUP Kariadi terus ditingkatkan. Tim spesialis bedah Urologi yang menangani pelayanan tersebut telah menyiapkan berbagai hal, termasuk tim dan sarana-prasarana untuk melakukan operasi transplantasi ginjal.

Dr.dr. Eriawan Agung Nugroho, SpU mengatakan peningkatan pelayanan tersebut karena saat ini pasien transpalasi ginjal terus bertambah. "Untuk pasien gagal ginjal yang sudah ditangani di RSUP Dr Kariadi ada 19 kasus. Semua pasien mulai dari seorang pendonor dipindahkan pasien yang menderita gagal ginjal terminal (resipien). Hasilnya pasca operasi cocok dan baik," jelasnya.

Dikatakan, transplantasi ginjal bisa menjadi solusi untuk memperbaiki fungsi organ dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Langkah paling sulit untuk transplantasi ginjal sebenarnya mencari donor yang mau menyumbangkan ginjal."Jadi rata-rata pendonor dan penerima donor ginjal kebanyakan semua dari keluarga yang cocok antigen dan antibodi. Kalau tidak cocok berisiko komplikasi," terangnya.

Sebelum melakukan tindakan bedah cangkok kepada pasien yang mengalami gagal ginjal, terlebih dahulu tim medis sendiri memeriksa kesehatan secara insentive. Itu dilakukan untuk mengecek kondisi kesehatan, termasuk sarana dan prasarana untuk melakukan tindakan persiapan operasi transpalansi ginjal."Jadi dua-duanya pasien pendonor, dan penerima gagal ginjal kita lakukan cek kesehatan di ruang rawat jalan dulu. Pengecekan untuk mengetahui kondisi laboratorium, hasil rontgen apakah ada indikasi penyakit lain atau tidak," terangnya.

Untuk penindakan sebelum operasi melalui beberapa persiapan operasi dilakukan dalam tiga tahapan yakni pre-operatif, operatif, dan pasca-operatif sehingga setelah menjalani cangkok ginjal harus dipantau secara intensif dalam ruang intensive care unit (ICU)."Setelah praoperatif sudah siap, tim langsung lakukan operatif. Jadi dalam tindakan ada dua tim medis yang berada di dua ruang. Tim bagian ambil ginjal, dan tim menanamkan ginjal, untuk proses sendiri sekitar 4 jam,"jelasnya.

Pasca operatif, tentunya tim medis akan terus melakukan pemantaun untuk mendeteksi kondisi pasien yang tengah melakukan transpalansi ginjal. "Kita tetap pantau kondisi pasien penerima ginjal, dan pendonor ginjal. Langkah awal lakukan observasi, seberapa baik fungsi ginjal tersebut," pungkasnya.

Navigation