Pelayanan Unggulan


30-10-2017 | Hit : 32

 

 

Instalasi Kedokteran Forensik RSUP Dr Kariadi menyediakan pelayanan pemusalaran jenazah dari kamar mayat hingga proses pengantaran ke rumah duka. Adapun jenazah yang berasal dari akhir dari pelayanan kesehatan yang dilakukan rumah sakit sedangkan pelayanan jenazah korban atau “mayat luar” adalah jenazah yang berasal dari luar rumah sakit.

dr Raden Panji Uva Utomo, MH, SpKF mengatakan, untuk menunjang pelayanan,purna-pasien atau “mayat dalam” adalah jenazah yang berasal dari bagian akhir pelayanan kesehatan sebelum diserahkan kepada keluarga, pihaknya akan menyediakan penitipan menggunakan fasilitas mesin pendingin.

"Kita siap melakukan penitipan dalam lemari pendingin untuk mempertahankan kondisi jenazah tanpa melakukan pengawetan.Selain itu penitipan untuk kepentingan lainnya jika kondisi jenazah perlu dilakukan pengawet khusus untuk menghindari proses pembusukan bagi jenazah yang hendak dibawa pulang ke rumah duka yang lebih jauh,"kata dr Raden Panji Uva Utomo, MH, SpKF.

Dikatakan selain pemusalaran, dalam ruang kamar jenazah juga menyediakan  ruang duka bagi keluarga yang melakukan penghormatan terakhir di rumah sakit. "Kita sediakan juga ruang duka. Ruang duka sendiri sampai saat ini ada satu, nantinya kedepan akan diperbanyak untuk dipakai sampai proses menunggu pengantaran ambulance sampai rumah duka,"terangnya.

Terkait administrasi sendiri dalam pencapaian tujuan dari keseluruhan pelayanan, kelompok staff medis Kedokteran Forensik dan Medikolegal sendiri sudah menetapkan pembayaran satu pintu. "Kita total pelayanan, untuk pembayaran administrasi semua satu pintu di kasir Instalasi Gawat Darurat. Adapun pelayanan mulai dari pemulasaran hingga diantar mobil jenazah hingga rumah duka,"pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Navigation