Pelayanan Unggulan


28-11-2017 | Hit : 19

dr. Suryadi, Sp.S, Msi. Med

 

RSUP dr Kariadi membuka klinik khusus yang menangani nyeri secara terpadu mulai dari pemberian obat hingga mengelola nyeri."Di klinik ini memberikan solusi pengobatan berbagai nyeri dan penyakit tulang belakang," kata dr Suryadi, Sp.S, Msi. Med.

Adapun klinik nyeri tersebut melayani keluhan nyeri dari kepala, leher, bahu, lengan, pinggang, lutut, kaki, dan lainnya. "Nyeri bisa keluhan utama, tapi juga bisa dari penyakit. Jadi untuk menentukan diagnosa penyakit nyeri yang diderita pasien itu sendiri, tim nyeri akan mencari riwayat penyakit dahulu dengan koordinasi dokter PPK 1 atau dokter umum,”terangnya.

Lebih lanjut untuk menentukan pasien mengalami rasa nyeri sendiri harus melalui proses screening. Dengan pemeriksaan awal bisa mengetahui jenis gangguan nyeri yang sering diderita masyarakat antara lain nyeri punggung, nyeri lutut, nyeri sendi dan otot, nyeri kepala, cedera akibat olahraga atau trauma, hingga nyeri karena adanya kanker stadium lanjut.

"Untuk nyeri ringan memang bisa minum obat, tapi ada nyeri yang kompleks, misalnya kanker. Pada umumnya keluhan nyeri akibat kanker diatasi dengan pemberian morfin, tapi sampai batas tertentu pasien menjadi kebal,"jelasnya.

Tata laksana nyeri memang terdiri dari dua kategori, yakni farmakologi (obat-obatan) dan operasi. "Penggunaan obat-obatan antinyeri untuk nyeri kronik bisa mendatangkan efek samping, sementara untuk operasi tak semua pasien mau melakukannya. Namun untuk lebih mengelola nyeri lebih baik dilakukan injeksi, atau minimal invasif dilakukan secara bertahap," tandasnya.

 

 

 

Navigation