Pelayanan Unggulan


27-11-2017 | Hit : 10

Parafin Therapy

Tim Rehab Medik RSUP dr Kariadi juga menyediakan layanan unggulan berupa Parafin Therapy untuk pasien yang mengalami rematik tangan dan nyeri sendi yang memanfaatlam suhu tinggu panas pada satu area terapi.

“Jadi terapi lilin ini gunanya untuk difokuskan pada nyeri tangan dan kaki saja. Pasien tinggal merendam yang terpusat rasa nyeri terus diangkat. Nantinya tangan atau kaki yang kita terapi akan terbalut parafin atau lilin,”kata dr Rudy Handoyo, SpKFR (K).

Untuk terapi menggunakan parafin sendiri menggunakan metode memanfaatkan suhu tinggi (panas) dan lembab yang bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan, merelaksasikan jaringan lunak tubuh dan mengurangi rasa nyeri pada otot. “Prosesnya untuk aplikasi dilakukan pemanasan suhu capai 50 sampai 51 derajat celcius. Teknis merendam yang terpusat terasa nyeri bisa 8 kali. Tujuannya agar panas terasa pada sendi yang akan menyebabkan ujung-ujung saraf sensoris mati bila diberikan dalam waktu yang lama. Jika temperatur lebih rendah, yang terjadi adalah timbulnya efek sedatif (nyaman),”terangnya.

Dikatakan sebelum melakukan terapi parafin ini terlebih dahulu pasien dianjurkan dalam keadaan bersih.”Ya tentunya sebelum terapi parafin pasien dianjurkan cuci tangan dan kaki agar higienis,’tandasnya.

Navigation