Pelayanan Unggulan


01-04-2016 | Hit : 547

Pengantar

Pasien Geriatri adalah : Pasien berusia lanjut (untuk Indonesia saat ini adalah mereka yang berusia 60 tahun ke atas) dengan beberapa masalah kesehatan (multipatologi) akibat gangguan fungsi jasmani dan rohani, dan atau kondisi sosial yang bermasalah.

Ciri Pasien Geriatri adalah :

  • Memiliki beberapa penyakit kronis
  • Gejala penyakit tidak khas
  • Fungsi organ menurun
  • Tingkat kemandirian berkurang
  • Sering disertai masalah nutrisi

Karena alasan-alasan tersebut di atas maka:
"Perawatan usia lanjut berbeda dari pasien dewasa muda”.

Profil

Isi Profil

Produk Layanan Unggulan

Mengingat banyaknya masalah pada seorang pasien geriatri maka perlu ditangani oleh sebuah tim ahli dari berbagai disiplin ilmu yang bekerja secara interdisiplin. Interdisiplin berarti anggota tim bekerja demi kepentingan pasien dengan dipimpin oleh seorang dokter penanggung jawab pasien (DPJP) utama.

  1. Pemeriksaan Penyakit Dalam Geriatri
    Melakukan identifikasi masalah dan tatalaksana di bidang penyakit dalam dengan menggunakan pendekatan Comprehensive Geriatric Assessment / penilaian pasien gerlatri secara menyeluruh.
  2. Pemeriksaan Psikiatri Geriatri
    Melakukan identifikasi masalah dan tatalaksana di bidang psikiatri untuk meningkatkan kemampuan mental dan kognitif / daya pikir.
  3. Pemeriksaan Rehabilitasi Geriatri
    Melakukan identifikasi masalah dan tatalaksana rehabilitasi untuk meningkatkan kemandirian pasien
  4. Konsultasi Gizi
    Melakukan identifikasi dan tatalaksana problem nutrisi usia lanjut.
  5. Klinik Asuhan Siang
    Mempertahankan kemampuan kognitif, mental, kemandirian, dan sosial pasien geriatri melalui aktivitas mandiri dan kelompok secara terstruktur
  6. Penyuluhan berkala
    Melakukan kegiatan edukasi pasien geriatri & keluarga secara berkala melalui penyuluhan, diskusi kelompok dan tanya jawab.
  7. Pemeriksaan Laboratorium
    Pengambilan contoh darah, dahak, urine, di satu atap.
  8. Outlet Farmasi
    Pengambilan obat disatu atap.
  9. Kunjungan Rawat Rumah / Home Care
    Menyediakan pelayanan tenaga dokter, perawat, pramurawat, untuk pasien yang tidak dapat dibawa ke rumah sakit.

Tim Layanan Unggulan

Dalam pengelolaan pasien geriatri diperlukan pendekatan holistik (utuh menyeluruh) dan tidak berorientasi pada suatu sistem organ, misalnya: jantung, hati, ginjal atau paru saja. Evaluasi paripurna dilakukan oleh tim pengkaji (asesmen) geriatri yang terdiri dari : 

  1. Dokter ahli penyakit dalam (konsultan geriatrik)
  2. Dokter ahli rehabilitasi medik
  3. Dokter ahli jiwa
  4. Perawat geriatri
  5. Tim rehabilitasi medik (fisioterapis, okupasi terapis)
  6. Psikolog
  7. Pekerja sosial
  8. Ahli gizi

Tim ini dapat meminta bantuan pada para ahli lain dari berbagai disiplin ilmu bila dibutuhkan misalnya dokter spesialis saraf, mata, gigi, THT, kandungan, bedah, saluran kemih, dan bedah tulang. Pengkajian yang paripurna harus dilakukan dalam memutuskan yang terbaik bagi pasien dan menghindarkan tindakan-tindakan serta obat-obatan yang belum diperlukan. Tim Asesmen Geriatri mengadakan diskusi secara terjadwal  

Fasilitas Peralatan

  1. Poliklinik umum
  2. Poliklinik spesialis (Konsultan)
  3. Rawat inap (40 TT) : Kelas VVIP ,VIP, kelas I, kelas II dan kelas III.
  4. Klinik siang (Day Hospital), setiap hari kerja
  5. Klinik memori,setiap hari kerja
  6. Klinik gizi, setiap hari kerja
  7. Laboratorium, setiap hari kerja
  8. Penitipan (Respite Care) untuk dua minggu
  9. Klinik Imunisasi, tiap hari kerja
  10. Kunjungan rumah, sesuai permintaan Ceramah/ penyuluhan kesehatan dan pelatian usia lanjut sesuai permintaan/perjanjian

Kinerja Peralatan

Isi kinerja peralatan

Penelitian  dan Publikasi

Isi penelitian dan publikasi

Jejaring Rumah Sakit Mitra

Isi jejaring rumah sakit mitra

Agenda Kegiatan Ilmiah Mendatang

Isi agenda kegiatan

Aksesibilitas

Isi aksesibilitas

Cara Merujuk

Isi cara merujuk

Navigation