Pelayanan Unggulan


12-11-2017 | Hit : 10

 

 Poli Gigi dan Mulut

Dengan dukungan tim kelompok staff medik (KSM) gigi menerapkan konsep pelayanan spesialistik poli gigi dan mulut secara keseluruhan, serta rawat jalan di ruang Merpati RSUP Dr Karidi. Adapun pelayanan tersebut terdiri dari dokter gigi spesialis bedah mulut, spesialis konservasi Gigi, spesialis periodonsi, spesialis prostodonsi, dan spesialis orthodonsi.

Ketua Kelompok staf medik (KSM) drg. Resta Diamawati, Sp. KG mengatakan dalam pelayanan kepada pasien sendiri tidak membedakan antara pasien umum dengan pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)."Jadi semua tim medis melayani semua pasien mulai dari kasus sederhana hingga kompleks yang melibatkan tim dari beberapa keahlian bidang medik,"kata drg Resta Diamawati, Sp. KG.

Untuk pelayanan sendiri, banyak pasien rujukan yang ditangani di poli gigi dan mulut yakni kasus bedah mulut kecil sampai yang besar. "Kita ada macam penanganan mulai dari Konservasi gigi (penanganan gigi yang rusak agar tidak dicabut), Periodonsi (penanganan jaringan pendukung gigi yang goyah), Prostodonsi (pembuatan professional gigi yang sederhana sampai yang rumit paska operasi maxilofasial), dan Orthodonsi (merapikan gigi yang susunannya tidak rata),"terangnya.

Terkait penanganan medis terhadap pasien sendiri sudah ditunjang dengan fasilitas lengkap."Kita ada beberapa fasilitas radiografi dental, panoramik dan CBCT Scan 3D untuk menegakkan diagnostik yang dilayani bagian Radiologi,"jelasnya.

drg Resta Diamawati menambahkan dalam penanganan kasus bedah mulut memerlukan rawat inap seperti infeksi berat, pengambilan benjolan atau tumor di rongga mulut dan pengambilan gigi bungsu yang posisinya miring atau terpendam."Jadi sebelum dilakukan tindakan, tim medis sendiri bisa lakukan pemeriksaan di poli rawat jalan.Untuk pemeriksaannya langsung ditangani dokter gigi spesialis bedah mulut, sedangkan tindakannya operasinya dilakukan di Instalasi Bedah Sentral (IBS),"imbuhnya.

Tahapan pemeriksaan yang diperlukan oleh pasien yang akan ditangani di instalasi bedah sentral harus melalui alur pemeriksaan yang sudah ditetapkan di RSUP Dr Kariadi."Prosesnya sendiri dimulai dari pemeriksaan di poli gigi dan mulut di rawat jalan ruang merpati, kemudian dilakukan pemeriksaan penunjang yang mencakup pemeriksaan Radiologi, pemeriksaan Laboratorium Klinik, dan pemeriksaan di poli lain yang mendukung tindak lanjut penanganan kasus tersebut,"ungkapnya.

Sedangkan pelayanan untuk poli gigi dan mulut rawat jalan sendiri melayani pasien umum dan BPJS."Pelayanan sendiri setiap hari kerja Senin hingga Jumat,"pungkasnya.

Navigation