Pelayanan Unggulan


07-11-2017 | Hit : 11

Brain Clinic
Caption

 

Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi sediakan pelayanan Brain Clinic bagi pasien yang terindikasi awal mengalami gangguan otak. Adapun pelayanan itu sendiri dengan alat khusus yang sudah tersedia untuk penindakan.

Dr. Dany Rachmawati Sp. S (k) mengatakan dengan adanya layanan Brain Clinic ini nantinya bisa menyediakan pelayanan terpadu dan lengkap terutama sebagai stroke center. Nantinya lebih mengacu kepada pasien yang mengalami gangguang fungsi otak (kognitif) Neurologi.

“Layanan Brain Clinic ini baru dua tahun berjalan. Tujuan fasilitas ini untuk melayani pasien yang mengeluhkan gangguan pada otak. Maka langkah awal mekanisme harus mendiagnostik dulu melalui intervensi satu masalah pada otak yang mengalami dimensia, serta bisa konsultasi sub lain sesuai hal yang ditemukan seperti pemberian obat,”kata dr. Dany Rachmawati Sp. SD (k).

Dikatakan setelah melakukan pemeriksaan diagnostik awal nantinya pasien akan  dilakukan tindakan perlakuan untuk stimulasi otak secara dini. Dengan begitu indikasi gangguan pada otak akan terlihat secara jelas dengan menggunakan alat komputerisasi.

"Jadi sebagai contoh pasien rawat jalan yang mengalami gangguan kognitif dilakukan stimulasi transmagnetik dengan dibarengi brain. Dari hasil pemeriksaan tersebut nanti akan diketahui brance mana yang akan berfungi baik,"terangnya.

Dia menjelaskan perlakuaan tindakan medis yang dilakukan berbagai cara dengan pengecekan dengan brain clinic (Neurocognitive dan behavior clinic) agar bisa diketahui melalui fungsi bahasa, perhatian pasien itu sendiri dinilai pada gangguan didalamnya. 

"Gangguan otak itu berisiko tinggi, usia lanjut sendiri bisa sesuai dengan fungsi sebenarnya pada kondisi otak yang terdeteksi. Misal seperti gangguan pembuluh darah tinggi, obesitas, kolesterol, nyeri, kejang, gagal ginjal, gangguan hormonal, serta liver dan jantung,"jelasnya 

Terkait pasien rawat inap sama perlakuannya, namun perbedaanya hanya perawatannya berbeda dengan rawat jalan. "Kalau rawat inap pada pasien bisa dilakukan pemeriksaan secara intens. Tapi beda rawat jalan sudah mulai banyak yang datang sendiri-sendiri, tergantung pasiennya waktunya kapan, tetap kita layani,"ungkapnya.

Untuk pemeriksaan brain clinic sendiri mempunyai beberapa fasilitas penunjang untuk melayani pasien yang hendak memeriksakan rawat jalan atau check up.

"Ada beberapa untuk memeriksa gangguan kognitif kita biasanya pakai ABR, dan P-300. Untuk fasilitas kita menerima pasien BPJS, umum dan asuransi,"pungkasnya.

Navigation