Pelayanan Unggulan


26-11-2017 | Hit : 15

RSUP dr Kariadi memberikan pelayanan pemeliharaan kesehatan anak secara komprehensif mulai dari sampai usia balita hingga remaja serta holistik. Adapun pelayanan tersebut untuk menemukan penyimpangan tumbuh kembang dan kemamampuan intelektual pada anak.

dr. Gatot Irawan Sp.A mengatakan dalam upaya menurunkan masalah tumbuh kembang seorang anak sendiri harus dilakukan pencegahan sedini mungkin. Nantinya pemeriksaan tersebut sejak dari pembuahan janin di dalam kandaungan ibu dengan kondisi pada saat persalinan sampai masa kritis proses tumbuh kembang dibawah usia lima tahun.

“Untuk penanganan medik sendiri yakni deteksi dini tumbuh kembang balita dimanan upaya penjaringan dilaksanakan secara komprehensif mengenal faktor risiko fisik psikososial pada anak, dengan indikasi yang sedini mungkin dengan upaya diberikan sesuai dengan umur perkembangan anak dengan demikian dapat tercapai kondisi tumbuh kembang yang optimal, pelaksanaan detekisi dini dilakukan oleh tenaga profesional seperti ahli dokter, orang tua serta keluarga. Dimana anak apakah mampu terampil atau tidak dengan melalui pusat pelayanan kesehatan seperti posyandu, sekolah dan dilingkungan rumah tangga,””kata dr Gatot Irawan Sp.A.

Untuk penanganan medis sendiri pada anak bekerja sama dengan divisi lain yakni  tumbuh kembang, nutrisi metabolik, endokrin serta KSM telinga hidung tenggorokan,KSM rehabilitasi medik, KSM Psikolog, Psikiater  pengelolaan penderita gangguan perkembangan otak dapat dilakukan secara optimal.  Untuk sarana prasarana ada beberapa dilakukan pemeriksaan.

“Sarana dan prasarana yang tersedia di RSUP dr Kariadi Semarang terdiri daripemeriksaan pendengaran : BERA (brain evoked Response Auditory), pencitraan, MRI dan CT Scan, pemeriksaan Mata :VEP , deteksi dini gangguan perkembangan otak, serta yang terpenting rehabilitasi medik: Okupasi terapi, terapi wicara, sensori integrasi dan snoezelen,”tandas dr. Gatot Irawan. 

Navigation