Pelayanan Unggulan


10-11-2017 | Hit : 36

Pemeliharaan Kulit

 

Spesialis Kulit dan Kelamin RSUP Kariadi mempunyai tiga alat laser terbaru. Alat tersebut berfungsi untuk perawatan kosmetik medik komprehensive pada wajah. Dengan alat terbaru, nantinya bisa mengatasi pasien yang mengalami berbagai keluhan pada kulit seperti tumor jinak, tahi lalat, dan kutil yang ada di permukaan kulit akan diatasi menggunakan Laser CO2.

dr. Y. F Rahmat Sugianto, Sp.KK mengatakan pelayanan perawatan menerapkan konsep pemeliharaan hingga terapi pada kulit pasien. "Kami ada tiga alat laser terbaru yakni Laser Erbium Fraksional, Laser Nd:YAG, serta Laser CO2," kata dr. F. Y Rahmat Sugianto, Sp.KK.

Dengan alat tersebut, untuk pemeliharaan bisa dilakukan dengan tembak laser.Prosesnya, sebelum penembakan menggunakan alat Laser CO2 oleh tim medis dilakukan pembiusan. Nantinya dioleskan pada sekitar titik yang akan dilakukan tindakan. "Jadi setelah pembiusan langsung dikakukan penembakan pada sasaran kutil. Prosesnya sendiri sekitar 120 menit. Usai selesai tinggal menunggu pengompresan pada kulit,"jelasnya.

Dikatakan, Laser CO2 dapat digunakan untuk mengobati tanpa meimbulkan bekas luka akibat panas. "Jadi Laser tersebut memiliki efek desinfeksi dan mengurangi kemungkinan infeksi, meminimalkan perdarahan, memberikan pandangan yang bersih saat operasi, dan kedepannya dapat megurangi edema dan efek samping lain yang tidak diharapkan," tuturnya.

Lebih lanjut pada laser Nd: YAG sebagai alat utama untuk menghilangkan kelainan warna kulit yang disebabkan warna pigmen seperti flek hitam, tato, serta tanda lahir. "Laser ini juga berguna untuk peremajaan kulit wajah agar bisa bersinar, serta menghilangkan kerutan-kerutan. Pemeliharaannya dengan cara dilakukan terapi hingga 45 hari. Untuk harga sangat terjangkau karena memikirkan unsur sosial bagi pasien,"jelasnya.

Sedangkan tindakan lainnya laser erbium fraksional untuk membantu dalam mencapai hasil yang dramatis berbagai masalah jaringan parut diwajah. Sebagai contoh bekas bopeng jerawat, bekas cacar air, dan membantu mengecilkan pori-pori kulit yang berminyak. "Ini biasanya perawatan dilakukan terapi. Namun Laser ini relatif aman dan tanpa efek samping,"pungkasnya.

Navigation