Pelayanan Unggulan


27-11-2017 | Hit : 12

 

Hubbard Tank

RSUP dr Kariadi memiliki fasilitas “hubbard tank” untuk terapi penuh penyembuhan bagi pasien stroke, kelemahan otot, dan punggung.

Rudy Handoyo, SpKFR (K) mengatakan, terapi hubbard tank bisa digunakan untuk mengobati luka di seluruh tubuh. Cara kerjanya, pasien masuk kedalam kolam berbentuk kunci, lalu air didalam kolam yang sudah diberi obat akan berputar. “Air didalam kolam memiliki panas sekitar 35 derajat. Biasanya untuk sekali terapi dilakukan selama 30 menit,” kata dr. Rudy Handoyo, SpKFR (K).

Lebih lanjut untuk teknik ini memungkinkan penderita melakukan perendaman seluruh tubuh dengan suatu meningkatkan suhu air tingkat tinggu (panas). “Biasanya nyeri lengan, nyeri bahu, nyeri kaki, nyeri punggung, dan pasien yang mengalami kelumpuhan dengan kondisi stabil bisa dilakukan terapi ini,”terangnya.

Dikatakan untuk proses terapi sendiri pasien akan masuk dalam kolam yang melingkar. Dalam perendaman, posisi pasien diharapkan bisa menggerakan sebagian tubuh untuk merespon seperti kelumpuhan bagi penderita.”Ya manfaatnya bagus, air sekitar 400 liter dengan suhu tinggi 37 hingga 40 derajat celcius ini pasien bisa ringan menggerakkan sebagian tubuh, sehingga manfaat pemanasan menyebabkan membesarnya pembuluh darah sehingga menambah sirkulasi,”tandasnya

Navigation