Pelayanan Unggulan


27-11-2017 | Hit : 7

 Whipool Therapy

Tim Rehab Medik berikan layanan Whirpool Therapy pada pasien yang menderita nyeri rematik (Rheumatoid Arthritis) pada sendi tangan dan kaki. “Biasanya yang lakukan terapi ini pasca operasi payudara. Karena pasca operasi terjadi pembendungan kelenjar pada lengan tangan yang mengakibatkan nyeri,”kata dr Rudy Handoyo, SpKFR (K).

Lebih lanjut untuk teknis Whirpool Therapy ini sebelumnya fokus pada keluhan yang dirasakan nyeri pada pasien itu sendiri. Namun kalau tentunya nyeri pada tangan, pasien sendiri akan menunggu proses air panas dulu. “Jadi kalau tangan yang dirasa nyeri,  tinggal pasien masukan dalam alat whirpol. Dimana whirpool air diputar sehingga menghasilkan gelembung. Gelembung tersebut gabungan dari air hangat dan udara akan memijat tangan, dan kaki untuk relaksasi otot,”jelasnya.

Setelah itu tangan akan mengalami penekanan pada aliran air panas yang sifatnya terapi nanti akan terasa ringan pada yang penderita nyeri pada pasien. “Begitu juga dengan kaki yang mengalami rematik dan keseleo kedua kali bisa masuk dengan posisi pasien duduk dengan kursi sejajar dengan alat tersebut,’tuturnya.

Biasanya untuk terapi ini bisa dilakukan untuk pasien yang mengalami nyeri berkelanjutan.”Ya biasanya seperti gangguan ortopedi habis proses amputasi nyeri tidak hilang bisa dirujuk disini terapinya,”jelasnya.

RSUP Dr Kariadi Semarang menyatakan akan melayani seluruh pasien Hydroterapi baik pengguna BPJS, Umum, maupun privat. Hanya saja untuk jadwal terapi berbeda, karena untuk memudahkan pasien dalam pelayanannya. “Jadi semua kasus nyeri bisa kita layani terapi disini, dan biasanya dari rujukan dokter penyakit dalam, ortopedi,”tandasnya.

 

 

 

 

 

Navigation