Program Fellowship


08-05-2019 | Hit : 83

1. Visi

Menjadikan program Fellowship Anestesi Kardiovaskular unggul, inovatif, bermartabat, berbasis riset dan teknologi terkini dalam menunjang proses pendidikan dan pengabdian masyarakat yang mampu memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat dalam bidang anestesi kardiovaskular.

2. Misi

  1. Meningkatkan kompetensi peserta didik sehingga mampu memenuhi tuntutan masyarakat terhadap adanya pelayanan dokter Fellowship dibidang Anestesi Kardiovaskular yang berkualitas.
  2. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berdaya saing internasional dan relevan dalam memajukan perkembangan intelektual dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Meningkatkan kompetensi peserta didik dalam mengembangkan ilmu anestesi kardiovaskular, dilandasi perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran terkini melalui penelitian ilmiah sehingga mampu memecahkan masalah yang dijumpai dalam praktek anestesi kardiovaskular sehari-hari.

3. Latar belakang

Berkembang pesatnya bedah jantung dan intervensinya saat ini, memerlukan sumber daya dokter anestesi yang memiliki kekhususan dalam pembedahan jantung. Pada saat ini, telah ada pendidikan dokter konsultan anestesi kardiovaskular, namun jumlah dokter lulusan tersebut belum mampu mengimbangi jumlah dokter lulusan bedah thoraks dan kardiovaskular, sehingga banyak rumah sakit dengan pelayanan bedah kardiovaskular belum dapat berjalan dikarenakan kekurangan sumber daya manusia dokter anestesi kardiovaskular.

Perlunya pelayanan bedah kardiovaskular pada rumah sakit yang telah ditunjang oleh dokter bedah thoraks dan kardiovaskular menjadi suatu awal gagasan adanya Fellowship Anestesi Kardiovaskular (FAKV).

Pendidikan Fellowship Anestesi Kardiovaskular bertujuan untuk mencukupi jumlah dokter anestesi kardiovaskular yang siap pakai untuk mengimbangi lulusan dokter bedah thoraks dan kardiovaskular, sehingga pelayanan kardiovaskular pada rumah sakit dapat berjalan dengan semestinya. Cakupan ilmu atau kemampuan yang diajarkan meliputi ilmu anestesi kardiovaskular pada dewasa dan pediatrik, mengenai mesin pintas jantung (CPB machine), Perioperative Transesophageal Echocardiography (TEE), perawatan pasien di ICU pasca bedah jantung, serta penanganan pasien kardiovaskular di luar kamar operasi (Catheterization Laboratory, Emergency Room) dan penanganan pasien dengan kelainan kardiovaskular yang akan menjalani operasi non jantung.

Rumah Sakit Umum Pusat Dokter Kariadi adalah Rumah Sakit milik Pemerintah Indonesia yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah. Adapun salah satu pelayanan menonjol di RSUP Dr. Kariadi adalah operasi jantung terbuka, dengan rata-rata operasi adalah 30-35 operasi perbulan. Jenis operasinya pun bervariasi mulai dari CABG (Coronary Artery Bypass Grafting), penggantian katup jantung, hingga koreksi kelainan jantung kongenital. Selain itu banyak juga operasi non jantung dengan kelainan jantung: seperti penyakit koroner, kelainan katub, kelainan jantung kongenital yang menjalani operasi non jantung, dengan jumlah minimal 100 kasus perbulan. Diluar kamar operasi sentral, juga terdapat pelayanan kateterisasi jantung anak, dengan jumlah rata-rata tindakan 20 kasus per bulan.

4. Waktu Pendidikan

Pendidikan Fellowship Anestesia Kardiovaskular dimulai setiap bulan Januari dan Juli setiap tahunnya, dengan lama pendidikan 2 semester (1 tahun).

5. Kriteria dan Seleksi Calon Peserta Didik

  1. Dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif yang dibuktikan dengan ijazah yang disyahkan oleh Rektor Universitas. 
  2. Sudah mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) yang dikeluarkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia.
  3. Mempunyai Surat Ijin Praktek (SIP) sebagai Spesialis Anestesiologi yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan dimana calon peserta tersebut bekerja.
  4. Seleksi calon peserta program studi dokter Fellowship Anestesiologi Kardiovaskular terdiri dari seleksi administratif dan seleksi akademik. Seleksi dilakukan 2 kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan bulan Juli.

6. Kurikulum dan Kompetensi

  • Kurikulum

undefinedsks

  • Kompetensi
  1. Mampu melakukan pengelolaan perioperatif anestesi kardiovaskular pasien dewasa dan pediatrik, baik elektif maupun emergensi.
  2. Mampu melakukan pengelolaan perioperatif anestesi kardiovaskular pasien dewasa dan pediatrik, baik elektif maupun emergensi yang akan menjalani operasi non-kardiotorasik.
  3. Mampu menangani penatalaksanaan anestesi pada komplikasi akibat tindakan kardiologi intervensi.
  4. Mampu melakukan anestesi pada pasien dengan kelainan kardiovaskular di luar kamar operasi seperti ruang kateterisasi jantung, ruang tindakan diagnostik dan ruang emergensi.
  5. Memiliki pengetahuan dasar perioperative Transesophageal Echocardiography (TEE).
  6. Memiliki pengetahuan dasar dalam pengelolaan mesin pintas jantung paru (CPB machine), IABP, LVAD dan LV Assist Devices, ECMO.
  7. Mampu mengelola pasien pascaanestesi kardiovaskular di ruang rawat intensif.
  8. Mampu melakukan penulisan karya tulis ilmiah yang terpublikasi.

7. Kegiatan Pembelajaran

  1. Tahap orientasi
  2. Tahap latihan dan umpan balik - BST (Bedside Teaching) - Pre-rounds - Rounds - Post-rounds - Jaga - Followup pasien - Laporan jaga dan laporan pagi - Clinical/Commuity Science Session (CSS) / Tutorial Klinik - Laporan kasus - Journal reading - Karya tulis ilmiah

8. Fellow Sekarang

9. Fellow Sebelumnya

  1. dr. Donni Indra Kusuma, Msi. Med., Sp.An., FAKV
  2. dr. Iwan Dwi Cahyono, Sp.An., FAKV

 

10.Hubungi Kami -

Sekretariat KATI (Kolegium Anestesi dan Terapi Intensif) Program Fellowship Anestesi Kardiovaskular

Gedung Anestesi Baru Lt.5 RSUD Dr. Soetomo Jalan Prof. Dr. Moestopo No.6-8, Surabaya, Jawa Timur Telp. 082231044940 -

KSM Anestesiologi dan Terapi Intensif RSUP Dr. Kariadi Semarang Jalan Dr. Sutomo No.16, Randusari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah Telp. (024) 8444346

Navigation