layanan Details

Gizi

KSM Gizi Klinik RSUP dr Kariadi

berdiri pada tahun 2007, diinisiasi oleh Dr. dr. Darmono SS, MPH, Sp.GK dan Prof. Dr. dr. Endang Purwaningsih, Sp.GK berdasarkan SK Direksi. Tim KSM Gizi Klinik RSUP dr Kariadi saat ini diketuai oleh dr Khairuddin Sp.GK, dengan staf anggota yaitu Prof.Dr.dr. Hertanto Wahyu Subagio, Sp.GK(K), dr. Niken Puruhita M.Med.Sc, Sp.GK(K), dr Etisa Adi Murbawani, M.Si, Sp.GK, dr. Amalia Sukmadianti, Sp.GK dan dr. Febe Christianto, Sp.GK.

Saat ini KSM Gizi Klinik RSUP dr Kariadi telah memperluas jangkauan terapi gizi klinik ke berbagai bidang. Pelayanan dasar gizi klinik adalah terapi gizi klinik (medical nutrition therapy) pada berbagai jenis penyakit seperti penyakit jantung, paru, saluran cerna, metabolik (diabetes, hipertensi, dislipidemia), kanker baik pada pasien rawat inap atau rawat jalan. Layanan khusus yang disediakan oleh KSM Gizi Klinik antara lain pelayanan gizi komprehensif untuk pasien geriatri/lanjut usia. Kelompok usia lanjut memerlukan terapi gizi khusus untuk menjamin kecukupan nutrisi akibat berbagai perubahan pada tubuh yang terjadi seiring dengan pertambahan usia.

Pasien yang dirawat di unit rawat intensif atau intensive care unit (ICU), pasien yang menjalani transplantasi ginjal dan pasien perioperatif (perioperative nutrition management) juga memerlukan perencanaan gizi yang baik pada masa sebelum dan setelah operasi/tindakan pembedahan dengan tujuan mempercepat masa penyembuhan. Selain itu nutrisi perioperatif pada bedah bariatrik juga dikelola oleh tim Gizi Klinik RSUP dr Kariadi. Bedah bariatrik adalah tindakan bedah yang dilakukan oleh dokter spesialis bedah digestif yaitu mengurangi kapasitas lambung dengan tujuan mengurangi asupan makan untuk menurunkan berat badan, diindikasikan untuk pasien dengan obesitas berat. Pasien bedah bariatrik memerlukan pengaturan pola makan yang ketat dan pemantauan khusus agar tujuan utama tercapai dan menurunkan angka komplikasi. Terapi gizi klinik khusus juga diterapkan pasien yang membutuhkan penurunan berat badan (weight loss management), juga untuk para peserta program kesuburan dan kehamilan yang sehat (nutrition for fertility and healthy pregnancy).

Penelitian yang saat ini sedang berjalan adalah penelitian multisenter pada pasien onkologi. KSM Gizi Klinik menggunakan alat ukur komposisi tubuh mutakhir (Body Impedance Analysis) untuk memeriksa massa otot dan lemak yang merupakan salah satu faktor prognostik keberhasilan terapi. Pemeriksaan BIA tidak hanya berguna untuk pasien onkologi namun juga dapat dilakukan pada pasien hemodialisis, perioperatif, weight loss, dan lain-lain.

Setiap tahun KSM Gizi Klinik bersama dengan Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia cabang Jawa Tengah dan PPDS Gizi Klinik FK UNDIP mengadakan kegiatan ilmiah berupa simposium dan pelatihan berskala nasional Semarang Clinical Nutrition Update yang membahas kebaruan dalam dunia gizi klinik. Kegiatan ini diikuti oleh dokter spesialis gizi klinik dari seluruh Indonesia dan sejawat dokter spesialis dari bagian lain serta dokter umum. Selain itu KSM Gizi Klinik rutin mengadakan kegiatan pengabdian seperti berperan serta dalam konsultasi gizi gratis yang bertempat di posyandu lansia, car free day, dan panti asuhan.

Berbagai layanan KSM Gizi Klinik RSUP dr Kariadi dapat diakses melalui poliklinik gizi yang berlokasi di Paviliun Garuda, Poliklinik Merpati dan Instalasi Kasuari. 

Berbagai layanan KSM Gizi Klinik RSUP dr Kariadi dapat diakses melalui poliklinik gizi yang berlokasi di Paviliun Garuda, Poliklinik Merpati dan Instalasi Kasuari. Pendaftaran secara online dapat dilakukan melalui website RSUP dr.Kariadi sesuai jadwal praktek dokter spesialis gizi klinik.

Pendaftaran secara online dapat dilakukan melalui website RSUP dr.Kariadi sesuai jadwal praktek dokter spesialis gizi klinik.


Last Update : 27-Sep-19 By: hukmas
Share: