layanan Details

Anak

KSM Ilmu Kesehatan Anak RSUP Dr.Kariadi merupakan unit pelaksana teknis pelayanan anak yang berada di bawah naungan RSUP Dr. Kariadi yang didukung oleh dokter spesialis dan sub spesialis dari berbagai multidisiplin ilmu dengan konsep pelayanan terintegrasi dan komprehensif. Selain fungsi pelayanan, KSM Ilmu Kesehatan Anak juga membantu terselenggaranya fungsi pendidikan bagi peserta pendidikan dokter spesialis dan dokter muda. Pelayanan yang diberikan meliputi pelayanan di poliklinik rawat jalan, poliklinik tumbuh kembang yang terintegrasi, serta ruang rawat inap, termasuk di dalamnya adalah ruang perawatan intensif dengan visi dan misi sebagai berikut :

 

 

VISI

Menjadi salah satu Kelompok Staf Medis Ilmu Kesehatan Anak Unggulan Nasional

 

MISI

  • Menyediakan pelayanan kesehatan anak dan rujukan yang paripurna untuk mendukung tumbuh kembang anak Indonesia yang optimal.
  • Menyediakan pendidikan dokter spesialis anak yang berkualitas sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Menyediakan penelitian dibidang ilmu kesehatan anak yang berstandar internasional untuk memajukan pelayanan.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pelayanan unggulan.

 

Sejarah KSM Ilmu Kesehatan Anak

  • Bagian Ilmu Kesehatan Anak pertama kali dirintis oleh Liem Tjay Tie pada tahun 1961. dr. Liem Tjay Tie merintis pendidikan dokter spesialis anak dan memberikan brevet spesialis anak kepada 5 orang dokter (dr. Acmad Dipologo, dr. Liem Hwie Hong, dr. Liem Hok Nio, dr. Soedibjakti Adinoto dan dr. Liem Djwan Nio). Personalia saat itu terdiri atas 6 dokter dan dr. J.H. de Hass, koasisten serta paramedis.

 

  • Tahun 1965 – 1982 Ketika Moeljono S. Trastotenojo, SpA(K) menjadi Kepala Bagian Anak, nama Bagian Anak diganti menjadi Bagian Ilmu Kesehatan Anak dengan maksud agar penanganan anak (yang masih dalam proses tumbuh kembang) berorientasi pada pendekatan secara komprehensif.

 

  • Tahun 1985 Mulai mengadakan Kongres Ilmu Kesehatan Anak ke I dan ke IX. Di Kongres Ilmu Kesehatan Anak ke I itulah tonggak sejarah perkembangan dan pelayanan kesehatan anak di Indonesia. Dengan memiliki 13 bidang / sub bagian (perinatologi, infeksi, kardiologi, gastroenterohepatologi, hematologi – onkologi, endokrinologi, nefrologi, respirologi, tumbuh kembang, alergi imunologi, nutrisi metabolik, neurologi dan pediatri gawat darurat).

 

  • Pelayanan Kesehatan Anak RSUP Dr Kariadi Semarang merupakan salah satu produk layanan unggulan RS yang menjadi pusat rujukan pasien anak di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya, bahkan rujukan pasien di luar Jawa.
  • Didukung oleh dokter spesialis dan sub spesialis berbagai multidisiplin ilmu, dengan konsep pelayanan terintegrasi dan komprehensif, dari tahun ke tahun KSM Ilmu Kesehatan Anak mampu menangani kasus yang semakin kompleks.

 

- Ruang rawat inap anak

- Klinik rawat jalan anak                                                - IGD anak

  • Pelayanan Kesehatan Anak RSUP dr.Kariadi meliputi 13 bidang sub divisi (perinatologi, infeksi, kardiologi, gastroenterohepatologi, hematologi – onkologi, endokrinologi, nefrologi, respirologi, tumbuh kembang, alergi imunologi, nutrisi metabolik, neurologi dan ERIA) yang memberikan pelayanan baik rawat inap maupun rawat jalan yang dilakukan secara terintegrasi dan komprehensif.
  • Rawat inap pasien anak dilakukan di ruang rawat inap anak di instalasi Cenderawasih, instalasi Elang, instalasi Garuda, ruang bayi risiko tinggi (PBRT), HCU, PICU, dan NICU. Pelayanan rawat jalan dilakukan di poliklinik anak di instalasi Merpati, instalasi Garuda dan pelayanan bayi, nutrisi metabolik serta tumbuh kembang di instalasi Murai serta adanya pelayanan kegawatdaruratan anak di IGD anak.

Alergi Immunologi

Divisi Alergi Imunologi adalah salah satu sub bagian dari KSM Ilmu Kesehatan Anak dengan dr. Wistiani, MSi.Med, SpA(K) sebagai kepala divisi.  Pelayanan kesehatan meliputi skin prick dan skin patch test, merupakan salah satu pelayanan yang telah dilakukan untuk menunjang diagnosis dan penatalaksanaan pasien alergi di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Selain itu, penanganan penyakit autoimun seperti Systemic Lupus Erithematosus dan Juvenile Idiopathic Arthritis telah terselenggara secara holistik dan komprehensif.

 

Bangsal Alergi Imunologi

Endokrinologi

Divisi Alergi Imunologi adalah salah satu sub bagian dari KSM Ilmu Kesehatan Anak dengan Dr. dr. Asri Purwanti, MPd, SpA(K) sebagai kepala divisi.  Pelayanan kesehatan dari divisi endokrinologi meliputi diagnosis dan tatalaksana kasus – kasus perawakan pendek, masalah pubertas, baik pubertas dini maupun keterlambatan pubertas, mikropenis, gangguan tiroid,  diabetes mellitus pada anak, dan termasuk juga kelainan genetika secara holistik dan komprehensif.

 

- Kegiatan poli endokrinologi

 

ERIA

Divisi Emergensi Rawat Intensif Anak (ERIA) adalah salah satu divisi dari KSM ilmu kesehatan anak dengan dr. M. Supriatna, SpA(K) sebagai kepala divisi. ERIA menyediakan pelayanan kesehatan bagi anak anak dengan kasus kegawatdaruratan yang membutuhkan pelayanan intensif. Jumlah tempat tidur yang tersedia yaitu 9 tempat tidur di Pediatric Intensive Care Unit (PICU) dan 6 tempat tidur di High Care Unit (HCU).

 Ruang PICU RSUP dr. Kariadi Semarang

- Ruang PICU RSUP dr. Kariadi Semarang

FASILITAS PELAYANAN

  1. Pediatric Intensive Care Unit (PICU) yang dilengkapi dengan 9 tempat tidur dan ventilator
  2. High Care Unit (HCU) yang dilengkapi dengan 6 tempat tidur
  3. Peralatan dan fasilitas seperti Hemodynamic motoring, ventilator, central venous catheter (CVC)
  4. Direncanakan untuk tersedianya Hemodynamic non-invasive motoring dan Ventilator

 

Gastroenterohepatologi

Divisi Gastroenterohepatologi adalah salah satu sub bagian dari KSM Ilmu Kesehatan Anak dengan dr. Ninung Rose D, SpA(K) sebagai kepala divisi. Pelayanan kesehatan dari divisi gastroenterohepatologi yang telah terselenggara hingga saat ini diantaranya adalah : pelayanan gastroskopi, kolonoskopi, serta diagnosis dan tatalaksana atresia bilier bekerja sama dengan KSM Bedah Anak.

 

Hematologi dan Onkologi

Divisi hematologi dan onkologi merupakan salah satu divisi dari KSM Ilmu kesehatan anak dengan dr. Bambang Sudarmanto, SpA(K) sebagai kepala divisi. Pelayanan hematologi onkologi anak meliputi pelayanan kesehatan untuk anak – anak yang menderita kelainan darah seperti thalassemia, hemofilia dan keganasan (kanker) baik itu keganasan darah seperti leukemia ataupun tumor padat seperti Neuroblastoma, Wilms tumor, Rhabdomyosarkoma, Hepatoma dan lain – lain. 

Pelayanan yang diberikan seperti :

  1. Tranfusi darah dan komponen lainnya pada kasus kasus seperti Thalassemia, AIHA, Hemofilia
  2. Pemeriksaan penunjang untuk penegakan diagnosis seperti pemeriksaan Hb elektroforesis, Bone Marrow Puncture (BMP) dan Immunophenotyping,
  3. Tindakan kemoterapi, radioterapi yang dilakukan di Instalasi Onkologi Terpadu.

 Bone Marrow Puncture

Bone Marrow Puncture

 

Infeksi

Divisi infeksi dan penyakit tropis adalah salah satu divisi dari KSM Kesehatan Anak dengan dr. Hapsari, SpA(K) sebagai kepala divisi. Divisi ini menyediakan pelayanan kesehatan bagi anak anak yang menderita penyakit infeksi tropik. Pelayanan kesehatan unggulan meliputi klinik Cytomegalovirus (CMV) dan Toxoplasma dimana telah bekerjasama dengan KSM Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Ilmu Penyakit Mata, Pediatri sosial dan Tumbuh Kembang.

 

Kardiologi

Divisi Kardiologi adalah salah satu sub bagian dari KSM Ilmu Kesehatan Anak dengan dr. Agus Priyatno, SpA(K) sebagai kepala divisi. Pelayanan kesehatan dari divisi kardiologi yang telah terselenggara hingga saat ini diantaranya adalah :

  • Tatalaksana serta pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan penyakit jantung bawaan dan didapat baik yang belum maupun sudah dilakukan terapi definitif
  • Pemantauan dan pemeriksaan berkala anak penyakit jantung pasca penutupan defek melalui operasi atau kateterisasi

 Echocardiografi on site

 - Echocardiografi on site

 

 

Nefrologi

Divisi Nefrologi adalah salah satu sub bagian dari KSM Ilmu Kesehatan Anak dengan Dr. dr. M. Heru Muryawan, SpA(K) sebagai kepala divisi. Pelayanan kesehatan dari divisi nefrologi yang telah terselenggara hingga saat ini diantaranya adalah :

  • Hemodialisis anak dilaksanakan secara rutin maupun cito/ segera sesuai indikasi. Saat ini beberapa anak dengan penyakit ginjal kronis terjadwal hemodialisis rutin.
  • Biopsi ginjal dilakukan untuk mengetahui derajat kelainan struktur ginjal secara patologi anatomi antara lain pada pasien sindroma nefrotik dan nefritis lupus.
  • Transplantasi ginjal diselenggarakan bekerja sama dengan tim transplantasi dengan tatalaksana secara komprehensif dan holistik sejak persiapan, pelaksanaan transplantasi, hingga perawatan dan pemantauan setelahnya.

 

   

Biopsi ginjal

Hemodialisis

 

Neurologi

Divisi Neurologi adalah salah satu sub bagian dari KSM Ilmu Kesehatan Anak dengan Dr. dr. Alifiani Hikmah, SpA(K) sebagai kepala divisi. Pelayanan kesehatan dari divisi neurologi yang telah terselenggara hingga saat ini diantaranya adalah :

  • Penanganan intractable epilepsy, berkolaborasi dengan KSM Bedah Saraf untuk tindakan bedah epilepsi dan dukungan diet ketogenik dari Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik
  • Gangguaan perkembangan otak seperti cerebral palsy dan involuntary movement ditatalaksana secara komprehensif dan holistic melalui terapi medikamentosa, serta stimulasi dan monitoring tumbuh kembang secara berkala

 

Nutrisi dan Penyakit Metabolik

Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik adalah salah satu sub bagian dari KSM Ilmu Kesehatan Anak dengan dr. JC Susanto, SpA(K) sebagai kepala divisi. Pelayanan kesehatan dari divisi nutrisi dan penyakit metabolik yang telah terselenggara hingga saat ini diantaranya adalah :

  • Deteksi dini hambatan pertumbuhan dan edukasi pemberian dan komposisi makanan untuk mencegah terjadinya hambatan pertumbuhan / stunting
  • Edukasi nutrisi untuk persiapan pasien sebelum pulang dari perawatan di RS
  • Perawatan pasien – pasien bayi usia < 6 bulan dengan gizi buruk
  • Pelayanan pemberian diet ketogenik
  • Diagnosis dan tatalaksana pasien – pasien dengan Inborn Error Metabolism

 

 

Pediatri Sosial dan Tumbuh Kembang

Divisi pediatri sosial dan tumbuh kembang merupakan salah satu divisi dari KSM Kesehatan Anak dengan dr. Hendriani Selina, SpA(K), MARS sebagai kepala divisi, Pelayanan kesehatan dari divisi pediatri sosial dan tumbuh kembang yang telah terselenggara hingga saat ini diantaranya adalah :

  • Kelas pijat bayi
  • Klinik laktasi
  • Pelayanan satu atap yang bekerja sama dengan kedokteran fisik dan rehabilitasi

                     - Pijat bayi                                                         - Skrining tumbuh kembang anak

Perinatologi

Divisi perinatologi merupakan salah satu divisi dari KSM Kesehatan Anak dengan dr. Gatot Irawan S, SpA(K) sebagai kepala divisi, dimana divisi ini menyediakan pelayanan kesehatan bagi semua bayi baru lahir sampai dengan usia koreksi 0 – 28 hari, yang memiliki risiko tinggi seperti, asfiksia, gangguan nafas, penyakit membran hialin, bayi prematur ekstrim (Neonatal Intensive Care Unit (NICU) dan 30 tempat tidur di ruang Perawatan Bayi Risiko Tinggi (PBRT). Divisi perinatologi di RSUP Dr Kariadi Semarang ditempatkan sebagai pusat rujukan tersier neonatal di Indonesia, pusat penelitian neonatal, dan sebagai pusat pendidikan.

FASILITAS 

  1. Level III bangsal neonatal meliputi :

Neonatal Intensive Care Unit (NICU) yang dilengkapi dengan 6 tempat tidur dan ventilator serta HFO (High frequency oscillatory)

  1. Level II bangsal neonatal yang meliputi :

26 tempat tidur yang dilengkapi dengan CPAP (Continuous Positive Airway Pressure), NIPV, dan high flow nasal canule

  1. Peralatan dan fasilitas diagnostik : echocardiografi, USG dan rontgen yang dapat dilakukan secara bedside/onsite
  2. Nutrisi parenteral total
  3. Perawatan metode kanguru
  4. Terapi hipotermia untuk bayi dengan asfiksia
  5. Ruang menyusui yang bersih dan nyaman

 

Ruang NICU RSUP Dr. Kariadi dengan ventilator dan HFO

- Ruang NICU RSUP Dr. Kariadi dengan ventilator dan HFO

Respirologi

Divisi Resipirologi adalah salah satu sub bagian dari KSM Ilmu Kesehatan Anak dengan dr. Dwi Wastoro Dadiyanto, SpA(K) sebagai kepala divisi. Pelayanan kesehatan dari divisi respirologi yang telah terselenggara hingga saat ini diantaranya adalah :

  • Pemeriksaan spirometri tersedia untuk menilai dan mengevaluasi fungsi paru antara lain pada anak dengan asma dan bronkiektasis
  • Tuberkulosis paru dan tuberkulosis ekstraparu sudah dapat ditatalaksana secara holistik dan komprehensif, mulai dari diagnosis, termasuk melaksanakan induksi sputum dan pemeriksaan gene expert, hingga terapi

Dalam memberikan pelayanan, KSM Kesehatan Anak RSDK ditunjang oleh dokter spesialis dan subspesialis yang berkompeten dibidangnya.

 

  1. Alergi Immunologi

     
dr. Wistiani, MSi.Med, Sp.A(K)    

 

2. Endokrinologi

     
Dr. dr. Asri Purwanti, Sp.A(K), MPd  Dr. dr. Agustini Utari, Msi.Med, Sp.A(K)  

 

  3. ERIA

     
dr. M. Supriatna TS, Sp.A(K)  dr. Yusrina Istanti, MSi.Med, Sp.A(K)  dr. Dewi Ratih, Msi.Med, Sp.A(K)

 

  4. Gastroenterohepatologi

     
dr. Ninung Rose D K, Msi.Med, Sp.A(K)    

 

  5. Hematologi Onkologi

     
Dr. dr. Moedrik Tamam, Sp.A(K)  dr. Bambang Sudarmanto, Sp.A(K)  dr. Yetty Movieta Nency, Sp.A(K)

 

6. Infeksi

     
dr. MMDEAH Hapsari, Sp.A(K)  dr. Nahwa Arkhaesi, MSi.Med, Sp.A  

 

  7. Kardiologi

     
dr. Agus Priyatno, Sp.A(K)  Dr. dr. Anindita S, Sp.A(K)  

 

8. Nefrologi

     
Dr. dr. M. Heru Muryawan, Sp.A(K)  Dr. dr. Omega Mellyana, Sp.A(K)  

 

9. Neurologi

     
Dr. dr. Alifiani Hikmah P, Sp.A(K) dr. Tun Paksi Sareharto,Msi.Med, Sp.A  

 

10. Nutrisi Metabolik

     
dr. JC Susanto, Sp.A(K) Dr. dr. Mexitalia Setiawati, Sp.A(K)  

 

11. Respirologi

     
dr. Dwi Wastoro Dadiyanto, Sp.A(K) dr. Riza Sahyuni, M.Kes, Sp.A(K)  dr. MS Anam, Msi.Med, Sp.

 

  1. Pediatri Sosial dan Tumbuh Kembang
     
Dr. dr. Hendriani Selina, Sp.A(K), MARS

Dr. dr. Fitri Hartanto, Sp.A(K)

 

 

13. Perinatologi

     
dr. Gatot Irawan S, Sp.A(K) dr. Arsita Eka Rini, Msi.Med, Sp.A(K)  dr. Adhie Nur Radityo, Msi.Med, Sp.A(K)

 

Homestaff KSM Ilmu Kesehatan Anak lainnya

     
dr. Juwita Pratiwi, SpA dr. Stephanie Adelia, SpA  

 

     
dr. Astra Parahita, SpA dr. Ariawan, SpA  

 




FASILITAS PELAYANAN

  1. Level III bangsal neonatal meliputi :

Neonatal Intensive Care Unit (NICU) yang dilengkapi dengan 6 tempat tidur dan ventilator serta HFO (High frequency oscillatory)

  1. Level II bangsal neonatal yang meliputi :

26 tempat tidur yang dilengkapi dengan CPAP (Continuous Positive Airway Pressure), NIPV, dan high flow nasal canule

  1. Peralatan dan fasilitas diagnostik : echocardiografi, USG dan rontgen yang dapat dilakukan secara bedside/onsite
  2. Nutrisi parenteral total
  3. Perawatan metode kanguru
  4. Terapi hipotermia untuk bayi dengan asfiksia
  5. Ruang menyusui yang bersih dan nyaman

 

Fasilitas Pelayanan

  1. Ruang perawatan anak di Instalasi Murai dan Garuda
  2. Ruang perawatan bayi risiko tinggi terintegrasi dengan NICU
  3. Ruang perawatan anak intensif (HCU dan PICU)
  4. Poliklinik anak di Instalasi Merpati dan Garuda
  5. Poliklinik bayi, nutrisi metabolik dan tumbuh kembang di Poliklinik tumbuh kembang

Kinerja Pelayanan KSM KESEHATAN ANAK

Indikator mutu pelayanan

 

No

 

Judul

 

Nama-nama

Kontribusi

Dihasilkan/

Dipublikasikan pada

 

ISSN

 

Link / doi

 
 

1

Combined supplementation with Alfa tocopherol and vitamin C improves the blood pressure of pediatric idiopathic nephritic syndrome patients

Omega Mellyana

Nanan Sekarwana

Rochmanadi Widayat

Clinical Nutrition Experimental

 

10.1016/J.gcinex.2017.09.002

 

2

Effect of tuberculosis treatment on leptin levels, weight gain, and percentage body fat in Indonesian children

Maria Mexitalia

Yesi Oktavia Dewi

Adriyan Pramono

MS Anam

Korean J Pediatr 2017;60(4:118-23

pISSN 1738-1061

eISSN 2092-7258

https://doi.org/10.3345/kjp.2017.60.4.118

 

3

Adolescent’s Anxiety in Coastel Region of Central Java, Indonesia

Ediati Annastasia, Utari Agustini

Advanced Science Letters. Vol. 23, No.4, Hal 3454 – 3456 (3)

 

https : //doi.org/10.1166/as 1.2017.9129

 

4

Charge syndrome: An Indonesian Case Report

Agustini Utari, Tri Indah Winarni, Sultana MH Faradz

Journal of Biomedicine and Translational Research. Vol 3 No. 1

ISBN  2503-2178

 

 

5

Mutation Type And Clinical Manifestations Of Transfusion-Dependent Β-Thalassemia/Hbe  Patients In Semarang, Indonesia

Moedrik Tamam

Proceeding Book International Conference on Translational Medicine and Health Sciences

 

ISBN : 978-602-1679-97-5.

 

 

 

6

Brain Gym To Increase Academic Performance Of Children Aged 10-12 Years Old ( Experimental Study in Tembalang Elementary School and Pedalangan Elementary School Semarang)

M G Marpaung, T P Sareharto, A Purwanti, D Hermawati

 

IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science 55 (2017) 012017

 

 

doi:10.1088/1755-1315/55/1/012017

 

 

7

Level of Urinary trans,trans-muconic acid as an indicator of benzene exposure in childhood Leukemia

Yetty M Nency, Islammiyah DY, Anindita S

 

Proceeding Book International Conference on Translational Medicine and Health Sciences

 

ISBN : 978-602-1679-97-5.

 

 

 

8

The effect of Channa striata extract supplementation on asymmetric dimethylarginine (ADMA) and physical fitness of Indonesian short stature children

Maria Mexitalia, Anindita Soetadji, MS Anam, Sudigdo Sastroasmoro, Hertanto W Subagio

Proceeding Book ESPGHAN 50th Annual Meeting

Prague 10-13 May 2017

 

www.espghancongress.org

 

9

The effect of whey protein hydrolisate and Eicosapentaenoic acid (EPA) supplementation on prealbumin level and muscle mass in children with acute leukemia

Maria Mexitalia, Novrianti Hawarini, Bambang Sudarmanto

Proceeding Book ESPGHAN 50th Annual Meeting

Prague 10-13 May 2017

 

www.espghancongress.org

 

10

The effect of diet intervention on FCI of obese children with non alcoholic fatty liver disease

Ninung RD Kusumawati

Adriyan Pramono

Hartantyo Hartantyo

Proceeding Book ESPGHAN 50th Annual Meeting

Prague 10-13 May 2017

 

www.espghancongress.org

 

11

The effects of zinc supplementation on immune response of obese children with family history of atopy

Wistiani, Dewi Ratih, Mulyono, Saekhol Bakri

Journal of Biomedicine and Translational Research

 

http://doi.org/10.14710/jbtr.v4i2.3520

 

Jejaring & RS Mitra

KSM Ilmu Kesehatan Anak menjalin kerja sama dengan beberapa RS jejaring untuk menunjang pelayanan dan meningkatkan kemampuan dari peserta pendidikan dokter spesialis, yaitu diantaranya dengan RS Nasional Diponegoro, RS Bendan Pekalongan, dan RS Kayen Pati

Agenda Kegiatan Ilmiah KSM

Agenda kegiatan ilmiah di KSM Ilmu Kesehatan Anak meliputi :

  1. Diskusi jaga
  2. Laporan kematian
  3. Visite besar
  4. Kuliah tamu
  5. Kuliah umum
  6. Penyajian ilmiah oleh peserta pendidikan dokter spesialis

Pendidikan

Webinar

                 Kuliah tamu

 

 

  - Simposium 

- Pengabdian Masyarakat

Informasi mengenai peta lokasi, jalur dan moda transportasi yang digunakan untuk menuju RSUP Dr. Kariadi Semarang

Pesawat

Bandar Udara Ahmad Yani Semarang ⇒ Taxi ⇒ RSUP Dr. Kariadi

Kereta Api

  1. Stasiun Tawang Semarang ⇒ Taxi ⇒ RSUP Dr. Kariadi
  2. Stasiun Poncol Semarang ⇒ Taxi ⇒ RSUP Dr. Kariadi

Bus

  1. Dari Terminal Mangkang (Barat Kota Semarang)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 1 (Mangkang - Penggaron)
    • Turun di halte Balai Kota (jalan Pemuda)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 2 (Terboyo - Sisemut)
    • Turun di halte RSUP Dr. Kariadi
  2. Dari Terminal Terboyo (Utara Kota Semarang)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 2 (Terboyo- Sisemut)
    • Turun di halte RSUP Dr. Kariadi
  3. Dari Terminal Penggaron (Timur Kota Semarang)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 1 (Penggaron- Mangkang)
    • Turun di halte Balai Kota (jalan Pemuda)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 2 (Terboyo - Sisemut)
    • Turun di halte RSUP Dr. Kariadi
  4. Dari Terminal Banyumanik (Selatan Kota Semarang)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 2 (Sisemut- Terboyo)
    • Turun di halte RSUP Dr. Kariadi


Last Update : 17-Jan-20 By: hukmas
Share: