news Details

PENCEGAHAN ANEMIA UNTUK PEKERJA PEREMPUAN

Anemia adalah suatu keadaan dimana kadar hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari normal. Faktor-faktor penyebab anemia gizi besi adalah status gizi yang dipengaruhi oleh pola makanan, sosial ekonomi keluarga, lingkungan dan status kesehatan. Anemia lebih beresiko terjadi pada wanita dari pada laki-laki. Hal ini disebabkan karena wanita memiliki kadar hemoglobin dan hematokrit lebih rendah ketimbang pria. Pada pria sehat, kadar hemoglobin normal adalah sekitar 14-18 g/dL dan hematokritnya 38,5 sampai 50 persen. Sedangkan, pada perempuan sehat, kadar normal hemoglobinnya bisa sekitar 12-16 g/dL dan hematokrit sebesar 34,9 sampai 44,5 persen.

 

Pekerja perempuan merupakan salah satu kelompok yang rentan terhadap anemia gizi utamanya karena kekurangan zat besi. Di Indonesia terdapat hampir 40 juta pekerja perempuan dan 25 juta diantaranya dalam usia reproduksi (BPS, 2012). Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, ditemukan bahwa proporsi anemia kelompok umur 15-64 tahun berkisar antara 16,9% - 25% Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2/2 8-07-2019 sedangkan Proporsi Kurang Energi Kronis (KEK) pada WUS (Wanita Usia Subur) yang sedang hamil 17,3% - 38,5% dan tidak hamil 10,7% - 46,6%. Selain itu,Obesitas pada perempuan berusia di atas 18 thn adalah 32,9%.

 

Anemia dapat disebabkan oleh kebutuhan zat besi yang tidak terpenuhi. Oleh karena itu, untuk mencegah anemia perlu memperbanyak makan makanan sumber zat besi. Perbanyak juga makan dan minuman yang membantu tubuh dalam menyerap zat besi. Misalnya jus jeruk, stroberi, brokoli, atau buah dan sayuran lainnya yang mengandung vitamin C. Hindari minum kopi atau teh sebagai minuman saat makan. Minuman tersebut akan menyulitkan tubuh dalam menyerap zat besi. Untuk menambah zat besi dapat juga meminum tablet zat besi setiap bulan. Wanita sebagai calon ibu, harus menjaga pola makan dan zat gizinya sebelum menjadi ibu hamil dan menyusui serta supaya menghindari anemia yang cukup serius.

 (F) Tim PKRS RSUP Dr.Kariadi

 

Share:

Tags:

Beri Komentar