news Details

SERANGAN JANTUNG

Oleh dr. M. Fauziar Ahnaf, Sp.JP, FIHA dari RSUP Dr.Kariadi

 

Sindroma Koroner Akut atau Serangan Jantung merupakan masalah serius yang harus segera ditangani, karena dapat menyebabkan kematian mendadak pada pasien.

Serangan jantung adalah tersumbatnya pembuluh darah jantung secara mendadak sehingga menyebabkan jantung kekurangan oksigen. Hal ini disebabkan karena adanya rupture/pecahnya plaque aterosklerosis (plaque akibat penumpukan lemak dan cholesterol di dinding pembuluh darah), yang selanjutnya menyebabkan tersumbatnya aliran darah menuju otot jantung.

Gejala utama yang dirasakan pasien dengan serangan jantung adalah nyeri dada seperti tertindih beban berat, dicengkeram, diikat, terbakar di dada atau kesulitan bernafas, serta dapat dijalarkan sampai ke lengan kiri, punggung, leher bahkan bisa ke ulu hati dengan disertai keringat dingin, mual, muntah. Keluhan nyeri dada ini dapat muncul saat aktivitas, dalam keadaaan emosi atau strees pekerjaan, atau beberapa saat setelah bangun tidur di pagi hari.

Jika anda merasakan nyeri dada seperti disebutkan diatas, maka segeralah meminta pertolongan di unit gawat darurat rumah sakit terdekat, dan jangan menunggu sampai nyeri dada hilang.

Serangan jantung dapat dapat terjadi pada siapa saja terutama pada pasien yang mempunyai faktor resiko, seperti:

 

  1. Merokok 
  1. Tekanan Darah tinggi 
  1. Kencing manis atau diabetes mellitus 
  1. Kadar choleterol tinggi 
  1. Kegemukan 
  1. Kurang aktivitas fisik atau olah raga 
  1. Peminum alkohol 
  1. Wanita menopause 
  1. Riwayat keluarga / keturunan dengan stroke, penyakit jantung 
  1. Usia tua

 

Diagnosis nyeri dada dapat lebih teliti dilakukan di unit gawat darurat disertai dengan pemeriksaan penunjang yang lain seperti pemeriksaan elektrokardiografi, foto rontgen, dan laboratorium darah. Terapi harus sesegera mungkin diberikan pada pasien dengan serangan jantung:

 

  1. Pemberian Oksigen 
  1. Pemberian Obat pengencer darah 
  1. Pemberian Obat penghilang rasa nyeri dada 
  1. Pemasangan cincin atau stent pada pembuluh darah yang tersumbat

 

Keberhasilan terapi serangan jantung sangat tergantung dari berapa lama waktu pertama kali nyeri dada sampai pasien tiba di ugd rumah sakit. Semakin cepat pasien sampai di ugd rumah sakit, maka semakin baik pula prognosis / hasil pengobatan dari pasien tersebut. Sehingga di bagian jantung kita mengenal istilah TIME IS MUSCLE, semakin cepat ditangani, maka semakin banyak otot jantung yang dapat diselamatkan.

 

 

Share:

Tags:

Beri Komentar