news Details

PERBAIKI GIZI, CEGAH KANKER

Oleh Dr. dr. Darmono SS, MPH, Sp. GK, dokter spesialis Gizi Klinik dari RSUP dr. Kariadi

 

Sahabat Sehat, pola makan yang sehat dan bergizi mampu mencegah timbulnya sejumlah kanker di dalam tubuh. Makanan berserat pada masa tumbuh kembang anak membantu menghindari step atau kejang demam. Di samping makanan itu, anak diberikan juga kapsul vitamin A setahun dua kali untuk memperuat daya tahan tubuh.

Dalam kasus kanker prostat, di Jepang dan China, persentasenya minim, karena pola makan sehat. Sementara di Amerika, persentase angka kanker tinggi diakibatkan pola makan yang tidak sehat. Pada kanker serviks, kanker usus besar, kanker nasofaring, atau kanker hidung mampu tumbuh karena pengaruh kekurangan gizi. Dalam kasus kenker serviks, ada potensi virus yang menyerang saat imunitas tubuh rendah. Nah, imunitas atau daya tahan tubuh rendah terjadi karena pola makan yang tak teratur seperti telat makan dan kelelahan.

Sementara dalam kanker usus dapat muncul dengan cepat , antara lain pada orang yang sering menyantap makanan dari bahan tepung halus. Mesin pencernaan semakin cepat memproses, sehingga banyak fermentasi dari sisa tepung halus menempel di usus besar dan akhirnya menimbulkan kanker.

Pencegahan kanker dapat dimulai dengan menata pola makan, meminum air putih sehari dua liter, dan menyeimbangkan gizi. Alkohol, juga harus dihindari karena merusak sistem pencernaan. Pestisida yang disemprotkan ke tanaman oleh petani di desa juga memicu kanker paru-paru.

Biaya penyembuhan kanker, lebih besar daripada cara mencegahnya.

Share:

Tags:

Beri Komentar