news Details

Rehabilitasi Medik Pasca Stroke

Oleh: dr. Robby Tjandra, Sp.KFR dan dr. Hana Milatieka

 

Apa itu Stroke?
Stroke merupakan kondisi kekurangan suplai darah pada area otak yang memunculkan kelainan-kelainan pada tubuh selama lebih dari 24 jam. Stroke biasanya terjadi akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan otak mengalami kekurangan suplai darah sehingga mengalami kerusakan atau kematian sel.

Apasaja dampak stroke terhadap fungsi tubuh?
Gangguan Kognisi dan Emosi
Gangguan kognisi dapat memunculkan gejala penurunan fungsi intelektualitasserta mengalami penurunan kemampuan mempertahankan perhatian dan memiliki motivasi yang buruk.

Gangguan Komunikasi
Gangguan komunikasi dapat berupa gangguan aspek bahasa dan kemampuan berbicara.

Gangguan Menelan
Gangguan fungsi menelan (disfagia) dapat terjadi pada hampir 40% penderita pasca stroke dan merupakan faktor resiko penting untuk timbulnya masalah infeksi paru.

Ketergantungan Fisik
Dengan adanya penuruna fungsi intelektual, depresi dan disabilitas fisik, risiko seorang penderita pasca stroke mengalami ketergantungan pada orang lain (ketidakmandirian ) semakin meningkat. Hal ini dapat mengakibatkan penderita pasca stroke mengurangi aktivitasnya (imobilisasi), yang kemudian akan memicu berbagai kondisi penyulit lain seperti timbulnya luka tekan (ulkus dekubitus).


Gangguan Gerak
Pada tahap awal stroke, pada umumnya penderita mengeluhkan adanya kelemahan otot yang disertai penurunan tonus (ketegangan) otot yang beberapa hari hingga beberapa minggu kemudian, tonus otot akan meningkatmenjadi abnormal (hipertonia).

Gangguan Fungsi Berkemih
Penderita pasca stroke sering mengeluhkan tidak mampu menahan kemih (inkontinensia urin).

Gangguan Fungsi Buang Air Besar
Gangguan pada proses buang air besar berupa keinginan yang tidak dapat ditahan atau dikontrol. Gangguan fungsi ini pada umumnya terjadi bersamaan dengan gangguan fungsi berkemih.

Gangguan Seksualitas
Penderita pasca stroke sering mengalami disfungsi seksual seperti menurunnya libido dan kemampuan seksual, walaupun terkadang juga hiperseksualitas.

Apakah yang dimaksud Rehabilitasi Stroke ?
Rehabilitasi stroke adalah pengelolan medik dan rehabilitasi yang komprehensif terhadap disabilitas yang diakibatkan oleh stroke agar penyandang stroke mampu melakukan aktivitas fungsional secara mandiri, dapat beradaptasi dengan lingkungan dan mencapai hidup yang berkualitas.

Apakah tujuan Rehabilitasi Stroke ?
Rehabilitasi Stroke bertujuan untuk mencapai kemandirian fisik dan psikologis secara optimal di lingkungan rumah sakit, rumah (tempat tinggal) ataupun komunitas.Untuk mencapai hal ini, diperlukan latihan sepanjang hidup yang dilakukan setiap hari sehingga aktivitas tersebut menjadi bagian kehidupan penderita pasca stroke, bukan suatu aktivitas yang berdiri sendiri dan hanya dilakukan 2-3 kali seminggu. Latihan aktif harus segera dimulai secepatnya setelah penderita pasca stroke mencapai kondisi medis yang stabil.

Apakah peran Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi serta tim rehabilitasi dalam Rehabilitasi Pasca Stroke ?
peran kedokteran fisik dan rehabilitasi serta tim rehabilitasi dalam rehabilitasi pasca stroke sangat penting dalam pemulihan fungsi agar penyandang stroke dapat kembali mencapai pemulihan fungsional seoptimal mungkin sesuai kondisi strokenya.

Share:

Tags: stroke

Beri Komentar