news Details

Sahabat sehat, vertigo adalah adanya sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh seperti rotasi (memutar) tanpa sensasi peputaran yang sebenarnya, dapat sekelilingnya terasa berputar atau badan yang berputar. Vertigo berasal dari bahasa latin “vertere” yaitu memutar. Vertigo termasuk ke dalam gangguan keseimbangan yang dinyatakan sebagai pusing, pening, sempoyongan, rasa seperti melayang atau dunia seperti berjungkir balik.
Penyebab utama terjadinya vertigo adalah gangguan keseimbangan. Dalam tubuh manusia, keseimbangan diatur di beberapa tempat yaitu terletak di perifer (tepi) dan ada yang terletak sentral (pusat). Segala penyakit yang memengaruhi sistem keseimbangan, baik perifer maupun sentral, dapat menyebabkan vertigo. Sistem keseimbangan perifer berada di telinga, saraf tepi, dan batang otak. Sementara sistem keseimbangan sentral diatur di otak. Segala bentuk infeksi, perdarahan, atau tumor dapat mengganggu jalannya sistem keseimbangan. Selain kedua tempat di atas, mata dan anggota gerak (otot dan persendian) juga membantu menjaga keseimbangan, sehingga gangguan pada bagian ini juga bisa menyebabkan vertigo.
Sedangkan gejala vertigo biasanya seperti rasa berputar baik tubuh ataupun lingkungan, perasaan melayang, telinga berdenging, mual muntah atau keringat dingin. Terdapat faktor yang meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami vertigo di antaranya adalah berusia di atas 50 tahun, mengalami kecelakaan, memiliki riwayat di dalam keluarga, mengalami stres berat, mengonsumsi alkohol dan merokok.
Beberapa tindakan yang perlu dilakukan untuk mengurangi atau mencegah gejala-gejala vertigo seperti :
• Menghindari gerakan secara tiba-tiba agar tidak terjatuh.
• Segera duduk jika vertigo menyerang.
• Gunakan beberapa bantal agar posisi kepala saat tidur menjadi lebih tinggi.
• Gerakkan kepala secara perlahan-lahan.
• Hindari gerakan kepala mendongak, berjongkok, atau tubuh membungkuk.
• Kenalilah pemicu vertigo dan lakukan latihan yang dapat memicu vertigo. Otak akan menjadi terbiasa dan malah menurunkan frekuensi kambuhnya vertigo. Lakukan latihan ini dengan meminta bantuan orang lain.
• Bagi yang juga mengidap penyakit Meniere, batasi konsumsi garam dalam menu sehari-hari.

Tim PKRS RSUP Dr.Kariadi

Share:

Tags:

Beri Komentar