news Details

Sahabat sehat, ASI eksklusif adalah pemberian ASI kepada bayi mulai dari lahir sampai 6 bulan tanpa diberikan makanan/cairan/apapun. ASI eksklusif sangat penting untuk si bayi, bahkan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) & UNICEF (Badan Dunia untuk Anak-Anak) merekomendasikan bahwa setiap bayi baru lahir sebaiknya mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan, dengan ASI lanjutan hingga 2 tahun atau lebih.
Sahabat sehat, ASI adalah makanan bayi yang paling sempurna, baik kualitas maupun kuantitasnya. Dari segi komposisi, ASI memiliki komposisi yang seimbang dan sesuai kebutuhan pertumbuhan bayi. ASI juga mengandung antibodi dari ibu yang melindungi bayi dari penyakit. Tumbuh kembang bayi akan lebih baik secara fisik, emosional, intelektual dan sosial. Bagi bayi ASI eksklusif meningkatkan jalinan kasih sayang. Selain ASI bermanfaat bagi bayi, ASI juga bermanfaat untuk si ibu dalam mengurangi kehilangan darah setelah melahirkan dan mempercepat penyusutan rahim serta sebagai metode kontrasepsi alternatif sementara. Mengembalikan berat badan seperti pada saat sebelum melahirkan juga mengurangi risiko kanker payudara & indung telur. ASI membuat ibu merasa dibutuhkan oleh si bayi.
Kolostrum adalah ASI yang pertama kali keluar, biasanya berwarna bening yang kaya zat kekebalan dan sel darah putih untuk melindungi melawan infeksi. Kolostrum membantu mencegah penyakit kuning dan juga membantu pertumbuhan usus dan kaya akan vitamin A bayi.
Tim PKRS RSUP Dr.Kariadi

Share:

Tags:

Beri Komentar