news Details

ROKOK , BENDA KECIL NAMUN MEMATIKAN

 

 

Rokok adalah salah satu zat adiktif yang bila digunakan mengakibatkan bahaya bagi kesehatan individu dan masyarakat. Rokok Terbuat dari hasil olahan tembakau terbungkus termasuk cerutu atau bahan lainya yang dihasilkan dari tanamam Nicotiana Tabacum, Nicotiana Rustica dan spesies lainnya atau sintesisnya yang mengandung nikotin dan tar dengan atau tanpa bahan tambahan.Cara menggunakan rokok yaitu dibakar disalah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dihirup melalui mulut pada ujung lain.

Banyak masyarakat yang memiliki kebiasaan merokok. Bahkan dalam satu hari mereka bisa menghabisakan lebih dari satu bungkus rokok. Padahal dalam satu buah rokok saja sudah mengandung bahan-bahan kimia yang membahayakan. Bila dikalikan dengaan jumlah yang mereka hisap, tentunya bahan kimia yang masuk dalam organ tubuh melebihi batas ambang dan dapat menyebabkan penyakit. Penelitian membuktikan “kebiasaan merokok meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker osefagus, bronchitis, tekanan darah tinggi, impotensi serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin”.

Orang yang sudah kecanduan rokok,akan susah mengubah kebiasaan nya menjadi lebih sehat. Diperlukan waktu berbulan-bulan untuk mencoba berhenti merokok. Bahaya yang disebabkan oleh rokok bukan hanya untuk perokok pasif,namun juga perokok pasif. Perokok pasif berpotensi memiliki resiko tinggi terhadap penyakit seperti kanker paru . hal ini tentu merugikan masyarakat yang tidak merokok namun terkena imbasnya.

Sebaiknya orang perokok merokok di ruangan khusus agar tidak merugikan orang lain. Namun jika seorang pecandu rokok peduli terhadap kesehatannya juga maka ia akan mencoba berhenti merokok. Meskipun rokok kecil, namun kandungannya bisa mematikan kita secara perlahan.

 

 

 

Share:

Tags:

Beri Komentar