news Details

KESULITAN MENELAN PADA ORANG TUA

Oleh Dr. Rery Budiarti, Sp.THT-KL(K), M.Si.Med dari RSUP Dr.Kariadi

Sahabat sehat, semua orang pasti akan menua. Suka atau tidak penuaan pasti terjadi. Hampir semua orang tidak suka menjadi tua, kenapa? Karena bukan saja kita mengalami perubahan secara tampilan fisik tetapi juga terjadi penurunan fungsi tubuh. Sebut saja kaki kita berjalan lebih lambat, tubuh membungkuk dan masih banyak lagi. Salah satu penurunan fungsi tubuh akibat penuaan adalah penurunan fungsi menelan makanan. Hal ini dialami sekitar 35-68% orang berusia di atas 65 tahun. Pada usia tua  kesulitan menelan dapat terjadi karena penurunan fungsi otot secara alamiah atau dapat juga karena ada penyakit lain yang diderita. Penyakit yang sering menyebabkan gangguan menelan pada usia tua salah satunya adalah stroke.

            Kesulitan menelan perlu diwaspadai sejak awal karena akan berpengaruh pada kecukupan gizi orang lanjut usia yang akan menentukan ketahanan tubuh terhadap penyakit tertentu terlebih infeksi. Keluhan yang timbul bisa berupa waktu makan yang lebih lama biasanya karena waktu mengunyah yang lebih panjang. Keluhan lain bisa berupa seringnya orang tersebut batuk saat makan atau minum atau seringkali tersedak air liurnya sendiri, hal ini disebabkan adanya penurunan kekuatan otot penelanan. Keluhan- keluhan tersebut lambat laun akan membuat seseorang menjadi malas makan dan minum sehingga akhirnya akan diikuti adanya penurunan berat badan dan gangguan kesehatan lainnya.

            Kita sebaiknya mewaspadai tanda- tanda kesulitan menelan pada lansia. Apabila didapatkan keluhan awal sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar kekurangan nutrisi dan penurunan kondisi kesehatan lainnya bisa dicegah. Begitupula bila didapatkan kondisi penyakit yang mendasarinya seperti stroke, kanker maupun penyakit lainnya sebaiknya segera ditangani agar tidak menimbulkan keluhan lanjut. Mari sayangi orang tua kita dan semua Lansia dengan deteksi awal kesulitan menelan.

Share:

Tags:

Beri Komentar