Berita Terbaru


05-02-2014 | Hit : 1159

 

Ada pemandangan yang berbeda di RSUP Dr. Kariadi pada Selasa pagi hari 4 Februari 2014, tampak pegawai RSUP Dr. Kariadi memakai pakaian serba kuning membagikan bunga, mug dan kalender saku berisi informasi tentang kanker kepada sejumlah pasien rawat inap di paviliun Garuda RSUP Dr. Kariadi.

 

Hal ini dilakukan RSUP Dr. Kariadi untuk memperingati Hari Kanker Sedunia, sebagai Rumah Sakit terbesar di Jawa Tengah, RSUP Dr. Kariadi mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap penyakit Kanker. Kanker termasuk salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia, dan fakta menunjukkan bahwa jumlah kasus terus meningkat dari tahun-ketahun. Di regional Asia Tenggara, kanker membunuh lebih dari 1,1 juta orang setiap tahun. WHO memperkirakan pada tahun 2030, kanker akan menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

 

Berdasarkan Keterangan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pada tahun 2010 kanker menjadi penyebab kematian nomor 3 dengan kejadian 7,7% dari seluruh penyebab kematian karena penyakit tidak menular, setelah stroke dan penyakit jantung.

Sementara itu, kanker payudara dan kanker leher rahim merupakan jenis kanker tertinggi pada pasien rawat inap maupun rawat jalan di seluruh RS di Indonesia, dengan proporsi sebesar 28,7% untuk kanker payudara, dan kanker leher rahim 12,8%, leukemia 10,4%, lymphoma 8,3% dan kanker paru 7,8%.

Ada empat masalah utama yang perlu diperhatikan dan disebarluaskan pada peringatan hari kanker sedunia tahun 2013 ini, yaitu mencakup (1) Dampak social dari kanker, (2) Kanker sebagai global epidemi, (3) Efektifitas pengobatan kanker dan, (4) Upaya meningkatkan pencegahan kanker.

Hari kanker sedunia 2013 diperingati setiap tahun pada tanggal 4 februari, untuk mengingatkan dunia tentang penyakit kanker dan dampaknya serta pentingnya upaya pengendalian.

Dengan pembagian buku saku ini diharapkan masyarkat akan mempunyai informasi yang benar mengenai pencegahan maupun pengobatan Kanker.  

Navigation