Berita Terbaru


15-11-2013 | Hit : 886

Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-49, RSUP Dr. Kariadi mengadakan kegiatan donor darah pada hari Kamis, 14 November 2013 di Ruangan Fasilitas Umum (Fasum).

 

Donor Darah Hari HKN di RSUP Dr Kariadi

Kegiatan yang didukung PMI Kota Semarang ini berhasil mengumpulkan 47 kantong darah, dengan harapan kegiatan serupa akan rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. "pendaftaran memang banyak sekali, namun hanya 47 orang yang dinyatakan sehat dan memenuhi sarat untuk menjadi pendonor" ujar Sigit Adianto, koordinator kegiatan ini.

 

Lebih lanjut ia mengungkapkan antusiasme pegawai RSUP Dr. Kariadi untuk bertasipasi dalam kegiatan donor darah kali ini sangat tinggi, namun terpaksa tidak semua bisa menjadi pendonor karena berbagai sebab, diantaranya adalah karena Hb darah yang rendah, adanya indikasi hipertensi, atau seseorang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan.

 

Kegiatan donor darah ini adalah salah satu bentuk kepedulian RSUP Dr. Kariadi kepada masyarakat, dan dirasakan bahwa aksi donor lebih bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini sesuai dengan keadaan PMI Kota Semarang yang masih harus menyediakan persediaan darah dalam jumlah banyak, khususnya yang angka permintaanya tinggi namun sangat minim pendonor, yaitu golongan darah langka seperti AB. 

 

Bersamaan dengan kegiatan ini, diruang Fasum diadakan Penyuluhan gratis tentang Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit. Hal ini sangat penting bagi pengunjung untuk sadar bahwa di lingkungan Rumah Sakit, seseorang bisa saja terinfeksi ataupun menyebarkan infeksi kepada orang lain. TIM PPI RSUP Dr. Kariadi mengajak para pasien dan keluarganya untuk peduli dengan hal ini, bahwa mencegah dan mengendalikan infeksi adalah tanggung jawab kita bersama.

Navigation