Berita Terbaru


31-10-2016 | Hit : 156

Edukasi Cuci Tangan dan Baktisosial RSUP Dr. Kariadi Untuk Anak-anak SD

 

Sabtu, 8 Oktober 2016 RSUP Dr. Kariadi mengadakan bakti sosial berupa penyerahan bantuan pembangunan tempat cuci tangan dan kantin sehat di SDN Bandarharjo 02 Semarang.

Selain itu dilakukan pula edukasi oleh tim PPI RSUP Dr. Kariadi yaitu cara atau langkah-langkah mencuci tangan yang benar memakai air dan sabun sesuai kaidah yang ditetapkan oleh WHO. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh rumah sakit sebagai penyedia layanan kesehatan untuk memberikan langkah nyata dalam memberikan contoh kebiasaan hidup sehat.

Disambut oleh ibu walikota Semarang, Krisseptiana, S.H, M.M yang mengapresiasi RSUP Dr. Kariadi dalam membantu dan memberikan langkah nyata kepada masyarakat, bahwa kebersihan dan kesehatan masyarakat harus dimulai dari diri kita sendiri. Kebiasaan cuci tangan harus ditanamkan sejak dini, karena tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang begitu rentan memiliki risiko menyebarkan berbagai macam bakteri di dalamnya yang tidak terlihat oleh mata telanjang. Anak-anak bisa saja memegang banyak benda yang kotor setiap harinya. Rasa ingin tahunya dan sifat acuh yang dimiliki anak-anak akan membuatnya menyentuh apapun termasuk kuman penyakit.

Anak sekolah asset pembangunan masa depan, perlu dijaga, ditingkatkan dan dilindungi kesehatannya. Sekolah merupakan tempat pembelajaran, jika tidak dikelola dengan baik dapat terjadi penularan penyakit. Anak merupakan aset pembangunan masa depan dan merupakan generasi penerus bangsa, untuk itu perlu dijaga, ditingkatkan dan harus dipelihara kesehatannya. Anak usia pra sekolah dan usia sekolah sangat rawan terhadap masalah kesehatan.

 

Menjaga  kesehatan tidak cukup sekedar memilah asupan yang masuk ke perut, tapi juga membiasakan diri menjaga kebersihan tangan untuk mencegah masuknya bibit penyakit.

Kebersihan dan kesehatan, keduanya memang memiliki peran yang saling berpengaruh sekaligus melengkapi satu sama lain. Dengan menerapkan perilaku bersih, maka kesehatan pun menjadi efek positif yang dihasilkan.

 

Melalui tema yang diusung dalam peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia ini RSUP Dr. Kariadi mengajak masyarakat untuk menjadikan cuci tangan sebagai kebiasaan rutin,  dengan harapan kita harus menyadari betapa pentingnya mencuci tangan pakai sabun.

 

Navigation