Artikel Kesehatan


25-09-2018 | Hit : 40

FLU BERKEPANJANGAN BISA JADI POLIP HIDUNG       

undefinedflu

Oleh dr. Anna mailasari KD, Sp.THT-KL

Semarang  ( 06/08/2018) – Sahabat sehat, polip hidung adalah tumor jinak didalam rongga hidung yang berwarna putih atau keabuan. Polip hidung bisa diderita anak-anak dan orang dewasa. Penyakit ini bukan penyakit menular maupun keturunan, penyebab terjadinya polip hidung bisa karena alergi atau infeksi pada mukosa hidung yang berlangsung lama seperti sinusitis (radang sinus). Faktor lain yang meningkatkan kemungkinan terkena polip hidung antara lain sumbatan hidung oleh akrena kelainan anatomi hidung dan pembesaran adenoid.

Derajat sakit polip hidung ini, dimulai dari ringan, sedang dan berat. Pada tingkat ringan dan sedang gejala yang muncul biasanya pilek yang tidak sembuh-sembuh, dapat disertai mimisan dan hidung tersumbat. Sedangkan pada derajat berat polip akan menutupi semua bagian hidung dan dapat sampai turun ke rongga mulut hingga mengakibatkan hidung tersumbat yang semakin memberat, sakit kepala dan gangguan tidur karena aliran udara di hidung terganggu, kadang menyebabkan gangguan menelan.

Sebelum dilakukan pengoabtan, ada beberapa pemeriksaaan yang perlu dilakukan untuk menegakkan diagnosis penyakit polip hidung, diantaranya pemeriksaan nasoendoskopi ( agar bisa diketahui jika ada tumor atau benjolan putih bening mengkilat/permukaan licin didalam rongga hidung), CT Scan yaitu pemeriksaan radiologi (foto rontgen) untuk mengetahui letak dan besarnya tumor, selain itu juga perlu dilakukan biopsi (diambil sedikit jaringan/tumor yang dicurigai, periksakan ke laboratorium untuk mengetahui jenis jaringan tersebut, apakah itu tumor jinak atau tumor ganas). Para penderita polip dengan riwayat alergi baik apda penderita maupun keluarganya perlul dilakukan pemeriksaan tes alergi.

Prinsip pengobatan dari polip hidung yaitu mengatasi polipnya dan emnghindari penyebab atau faktor-faktor yang mendorong terjadinya polip. Bila polip masih kecil atau derajat ringan sampai sedang diberikan pengobatan dengan terapi medikamentosa (obat) selama 2 minggu, jika tidak ada perbaikan berarti perlu operasi untuk pengambilan polip. Untuk polip derajat berat perlu dilakukan pengambilan polip dengan operasi.

Bila faktor yang menyebabkan terjadinya polip tidak teratasi maka polip hidung inin rawan untuk kambuh kembali demikian berulang ulang. Oleh sebab itu perlu diketahui dan diobati penyebab terjadinya polip sehingga mencegah terjadinya kekambuhan. Tim PKRS-RSUP dr.Kariadi

Navigation