Berita Terbaru


24-04-2018 | Hit : 58

Flu Tak Kunjung Sembuh, Waspadai Sinusitis

Oleh dr. Anna Mailasari KD, Sp.THT-KL, Msi Med – Dokter Spesialis THT RSUP Dr. Kariadi

 undefinedcapture

Semarang-(24/04) Sahabat Sehat, pernahkan anda menderita flu tak kunjung sembuh, dengan gejala penyerta lain seperti hidung tersumbat, ingus yang keluar seringkali berwarna kental atau kehijauan, rasa nyeri di area pipi, dahi, atau pangkal hidung? Selain itu mengalami gangguan penciuman dan sering sakit kepala, dan demam. Nah, sahabat sehat, gejala-gejala di atas sering dialami oleh penderita sinusitis. Penyebabnya karena infeksi virus atau bakteri. Faktor pemicunya bisa dikarenakan udara dingin, serangan alergi, dan imunitas yang turun.

Ada 2 jenis sinusitis berdasarkan lama sakitnya. Disebut akut jika diderita kurang dari 3 bulan, disertai demam dan nyeri. Sedangkan bila diderita lebih dari 3 bulan dan keluhan menetap, maka disebut sinusitis kronik.

Pertolongan pertama yang bisa diberikan jika dicurigai sinusitis, maka dapat dilakukan kompres air hangat di pipi, di dahi/ pangkal hidung untuk mengurangi nyeri. Keluhan hidung tersumbat dapat dikurangi dengan minum air hangat atau menghirup uap air hangat. Sedangkan untuk mengurangi lendir yang lengket bisa dengan cuci hidung menggunakan cairan steril. Banyak istirahat, makan dan minum yang bergizi dapat mempercepat penyembuhan.

Langkah yang sebaiknya dilakukan adalah segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau dokter yang berkompeten.  Sehingga bisa mendapatkan penanganan segera, sehingga terhindar dari komplikasi, selain itu juga untuk mengetahui apa penyebabnya. Apakah karena sakit gigi, alergi, atau kelainan anatomi (struktur hidung yang tidak normal).

Penanganan dari sinusitis ini tergantung dari faktor penyebabnya. Jika karena alergi, bisa diatasi dengan menghindari alergen penyebab.  Jika karena sakit gigi, maka perlu perawatan oleh dokter gigi.

Selain itu, penderita juga bisa memerlukan terapi dengan pemberian obat-obatan antiradang dan antibiotik. Bila perlu dilakukan cuci hidung, untuk mengurangi lendir yang kental. Tindakan operasi tidak selalu dilakukan, tetapi diperlukan untuk sinusitis yang tidak sembuh dengan terapi obat.

Sahabat Sehat, agar tidak terkena sinusitis, maka bisa mencegahnya dengan menggunakan masker di daerah berdebu, cukup istirahat, dan makan makanan bergizi, hindari alergen penyebab, serta menggunakan AC dengan suhu tidak terlalu dingin. (Fitri – PKRS RSUP Dr. Kariadi)

Navigation