Berita Terbaru


18-01-2018 | Hit : 61

Semarang (18/01) -- Forum Diskusi Hukum RSUP Dr. Kariadi kembali membahas topik seputar pelayanan publik demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat bertempat di aula direksi.

 undefinedfdh 2018

Tema yang diangkat dalam pertemuan forum rutin setiap bulan ini bukan hanya seputar masalah hukum saja melainkan juga hal – hal umum yang terkait dengan pelayanan rumah sakit. Pada forum kali ini tema yang menjadi fokus pembahasan adalah tentang implementasi UU keterbukaan informasi publik dan penyusunan daftar informasi publik di lingkungan Kementerian Kesehatan, khususnya di RSUP Dr. Kariadi.

Hadir sebagai narasumber adalah  Prawito SKM MM,  Kasubbag Pengaduan Masyarakat Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes yang mengutarakan bahwa untuk mendukung pelaksanaan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, maka pemerintah telah mencanangkan tentang tata kelola kepemerintahan yang baik (Good Gavernance) dengan mensyaratkan adanya akuntabilitas, transparansi dan partisipasi masyarakat dalam setiap proses terjadinya kebijakan publik.

Adanya UU KIP ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan  Badan Publik Negara termasuk RSUP Dr. Kariadi Semarang yang berada di bawah Kementerian Kesehatan RI, memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat sekaligus mencerdaskan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Dr. Widyastuti, MKM, Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan menjelaskan tentang pentingnya sebuah institusi memiliki Daftar Informasi Publik (DIP), bahwa DIP menjadi salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka dan adalah hak publik untuk memperoleh Informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hak atas Informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan.

(Suprih - Humas RSUP Dr. Kariadi)

Navigation