Berita Terbaru


10-11-2012 | Hit : 1658

.doc

.pdf

HASIL SIMPOSIUM DAN WORKSHOP SEMARANG GASTROENTEROHEPATOLOGI UPDATE II 2012

Simposium dan Workshop Semarang Gastroentero-Hepatologi Update II 2012 yang diselenggarakan oleh Sub Bagian Gastroentero-Hepatologi Ilmu Penyakit Dalam RSUP Dr. Kariadi Semarang telah menimbulkan kesan yang mendalam bagi semua pesertanya.


Workshop yang diselenggarakan pada tanggal 2 November 2012 di Aula Dekanat FK Undip/RSUP Dr. Kariadi dengan tema Diagnosis dan Terapi Hepatitis B Kronik sangat menarik, terbukti workshop ini diikuti oleh peserta dokter spesialis hingga dari Luar Pulau Jawa yaitu dari Jayapura dan Ambon dan juga dokter umum dari Lampung


Demikian pula Simposium yang mengusung tema Clinical Application in Gastroenterohepatology. Simposium ini diselenggarakan tanggal 3 - 4 November 2012 di Gumaya Tower Hotel Semarang, dengan 12 sub topik yang mencakup management terkini penyakit-penyakit pada gastrointestinal dan hepatobilier.

 

Sub topik yang diusung meliputi : Non Variceal Upper GI Bleeding : an Update Management, Gastroenteropati NSAID terkini, Nukleoside Analog pada Hepatitis B, PPI dan Perdarahan Saluran Cerna, Hepatitis B danTantangannya, Gastritis danInfeksi Helicobacter Pylori, Faktor Risiko dan Pencegahan Hepatoma, Albumin dan Penyakit Hepar Kronis, Hepatitis C terkini, Perdarahan Saluran Cerna Bawah, GERD dan Implikasi Klinis, Peran Endoskopi pada Penyakit Pankreatobilier


Simposium ini sangat diminati baik oleh dokter Spesialis Penyakit Dalam maupun dokter umum, terbukti dari jumlah peserta sebanyak 410 orang yang terdiri 286 dokter umum dan 124 orang Dokter Spesialis baik spesialis Penyakit Dalam maupun spesialis lainnya. Simposium ini juga diikuti peserta yang berasal dari luar pulau jawa yaitu dari Jayapura, Ambon, Ternate, Palu, dan juga Lampung.


Professor Alan Barkun, MD, MSc, FRCP, FACG, Division of Gastroenterology Department of Medicine McGill University Canada.Doc. Para Pembicara SGU II 2012Selain keistimewaannya yang mengusung 12 sub topik, simposium ini juga menghadirkan 21 Pembicara pakar dari seluruh Indonesia dan juga seorang pembicara pakar ternama dari Luar Negeri yaitu Professor Alan Barkun, MD, MSc, FRCP, FACG, seorang pakar dari Division of Gastroenterology Department of Medicine McGill University Canada.

 

Beliau secara khusus memberikan materi mengenai "Management of Patients with Non Variceal Upper Gastrointestinal Bleeding : International Consensus Recommendations"



Simposium ini juga dimeriahkan dengan adanya lomba Fotografi yang diikuti oleh para dokter Spesialis Penyakit Dalam, sangat membanggakan mengetahui bahwa selain berkompeten di bidangnya, para dokter ini juga sangat berbakat di bidang lainnya. Selain itu terdapat pula stand-stand farmasi dan non farmasi, terhitung 22 stand, yang semakin memeriahkan Simposium ini.


Tidak tertinggal pula kesan yang diberikan oleh para peserta. Banyak peserta yang memberikan tanggapan dan saran positif dalam penyelenggaraan simposium ini, dan banyak pula yang meminta agar simposium ini dapat diadakan secara rutin setiap tahun untuk dapat meningkatkan pengetahuan bagi para sejawat sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang jauh lebih baik kepada masyarakat.
[SMF-penyakit dalam]


Navigation