Artikel Kesehatan


07-11-2012 | Hit : 1742

Apakah anda sering merasa tenggorakan terasa sakit, sulit untuk menelan, kepala pusing, demam dan kehilangan suara?  Keadaan ini jika sering terjadi tentu akan mengganggu aktifitas kita sehari-hari.

 

Prof. DR. Dr Suprihati, Sp THT-KL(K)MSc.

Prof. DR. Dr Suprihati, Sp THT-KL(K)MSc. menjelaskan beberapa gangguan kesehatan diatas, cenderung mengarah pada terjadinya radang amandel atau disebut juga tonsillitis yaitu peradangan pada amandel disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

 

Bakteri atau virus ini, memasuki tubuh melalui hidung atau mulut dan amandel berperan sebagai fi lter menyelimuti organisme yang berbahaya dengan sel-sel darah putih Ini akan menyebabkan infeksi ringan pada amandel anda, yang akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi terhadap nfeksi dimasa yang akan datang.

 

Akan tetapi, kadang-kadang amandel sudah kewalahan menahan infeksi bakteri atau virus. Inilah yang menyebabkan terjadinya tonsilitis. Amandel yang besarnya  berlebihan seringkali menyebabkan infeksi akut seperti nyeri menelan, tidur mendengkur, berhenti nafas saat tidur, lesu dan sulit berfikir. Untuk memastikan apakah amandel anda terjadi infeksi maka anda bisa menjalani uji usap tenggorokan.

 

Dengan tes yang sederhana ini, dokter akan mengusapkan semacam kasa steril pada bagian belakang tenggorokan anda untuk mendapatkan sampel air liur. Tes ini tidak menyakitkan, tapi dapat menyebabkan anda sedikit tercekat. Sampel yang telah diambil akan diperiksa di dalam lab untuk melihat ada tidaknya bakteri streptokokus. Hasil tes dapat dilihat dalam hitungan menit atau jam, bergantung pada metode pengujian yang digunakan. Bila tes ini menunjukkan hasil yang positif, anda perlu minum antibiotik untuk mengobati infeksi yang anda alami.

 

Jika amandel yang ada tidak hebat cukup dengan minum antibiotic saja sudah bisa sembuh sendiri walau ada manifestasi demam. Pada kondisi yang lebih parah akan terjadi abses atau nyeri hebat sekali, menelan ludah sakit, tidak bisa bicara bahkan sampai ngeces. Pada kondisi ini bisa diberikan antibiotic dan di keluarkan nanahnya. Apabila dikemudian hari abses terulang kembali maka dianjurkan untuk operasi. Salah satu penyebab timbulnya amandel ini adalah factor sanitas yang kurang baik.

 

Oleh karenanya untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan sering cuci tangan. Bila menggunakan sabun dan air basahi tangan dengan air hangat yang mengalir dan gunakan sabun cair atau sabun batangan yang bersih, gosok hingga berbusa. Bila sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan yang berbahan dasar alkohol. Tuang sekitar ½ sendok teh bahan pembersih tersebut ke tangan anda.

 

Gosok-gosok kedua tangan anda, sehingga cairan pembersih tersebut melumuri permukaan tangan anda, hingga cairan tersebut kering. Selain itu anda juga bisa membiasakan diri saat batuk atau bersin gunakan tisu atau  lengan anda. Jangan menggunakan gelas minum dan peralatan makan untuk bersama-sama. Hindari berada dekat dengan orang yang sedang sakit. Cari tempat penitipan anak yang mempraktekkan kebijakan soal kebersihan dan meminta agar anak-anak yang sakit tetap berada di rumah. [rds-ag12]

Navigation