Berita Terbaru


22-08-2014 | Hit : 2404

CSSD atau Pusat sterilisasi merupakan salah satu dari mata rantai yang penting agar dapat mengendalikan infeksi dan mempunyai peran dalam upaya menekan kejadian infeksi. Hal ini disampaikan oleh Direktur Umum dan Operasional RSUP Dr. Kariadi, Dr. Darwito baru-baru ini dalam acara Diklat RSUP Dr. Kariadi.

Agar dapat melaksanakan tugas dan fungsi sterilisasi, maka unit CSSD / pusat sterilisasi sangat membutuhkan kerja sama dengan unit penunjang yang lain seperti unsur pelayanan medik, unsur penunjang medik maupun instalasi antara lain perlengkapan, rumah tangga, pemeliharaan saranan rumah sakit, sanitasi, dan sebagainya. Dan apabila terjadi hambatan pada salah satu sub unit tersebut maka pada akhirnya akan mengganggu berjalannya proses dan hasil sterilisasi pun tidak akan maksimal. 

 TUJUAN

Tujuan umum adanya pusat sterilisasi yaitu agar dapat meningkatkan mutu pelayanan sterilisasi alat dan bahan guna menekan kejadian infeksi di rumah sakit. Adapun tujuan khusus adanya pusat sterilisasi yaitu sebagai acuan dalam memberikan pelayanan sterilisasi di rumah sakit, untuk dapat mengadakan pengawasan dan kontrol mutu terhadap hasil sterilisasi, dan sebagai sebuah panduan kerja bagi tenaga pelaksana dalam memberikan pelayanan pusat sterilisasi.

FUNGSI

Alasan penting mengapa harus ada CSSD di Rumah Sakit adalah Sterilisasi merupakan suatu proses pengolahan alat atau bahan yang bertujuan untuk menghancurkan semua bentuk kehidupan mikroba termasuk endosporanya, dapat dilakukan dengan suatu proses kimia maupun fisika. Rumah sakit dijadikan sebagai sebuah institusi penyedia pelayanan kesehatan yang berupaya untuk dapat mencegah risiko terjadinya suatu infeksi terhadap pasien dan juga petugas rumah sakit.

Salah satu indikator tentang keberhasilan dalam memberi pelayanan di rumah sakit yaitu rendahnya angka infeksi nosokomial di rumah sakit. Agar dapat mencapai keberhasilan tersebut maka perlu dilakukan suatu pengendalian infeksi di rumah sakit. 

Navigation