Berita Terbaru


25-09-2018 | Hit : 12

undefinedrs

Oleh dr. Yudo Murti Mupangati SpPD-Kger dari RSUP dr.Kariadi

Semarang (25/09/2018) – Sahabat sehat, penyakit secara perlahan merenggut kualitas kehidupan penderita. Mengenali gejala dan pencegahan dapat dilakukan sebagai antisipasi. Alzheimer merupakan kondisi seseorang yang mengalami penurunan fungsi memori, akibat gangguan saraf di otak. Penyakit ini bersifat progresif, perlahan-lahan semakin lama semakin memburuk.

Biasanya karena protein yang menyebabkan penggumpalan saraf di otak atau karena terkena stroke. Sehingga alzheimer berisiko terjadi pda mereka yang bertekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan kencing manis karena menyebabkan pembuluh darah mudah tersumbat.

Gejala-gejala awal tergantung dari masing-masing bagian yang terlibat. Yaitu pertama episodic memory yang terkait dengan memori-memori baru. Penderita  biasanya lupa bila ditanya semalam makan apa, habis melakukan apa. Kedua, semantic memory yang terkait dengan ingatan-ingatan akan pengetahuan. Sebagai contoh, strawberry berwarna merah, brokoli hijau. Ketiga  procedural memory terkait kegiatan-kegiatan yang terbiasa dilakukan sehingga bisanya meskipun penderita lupa bila diminta menjelaskan secara verbal namun mereka tetap bisa melakukan secara otomatis. Seperti mengayuh sepeda, menekan nomor telfon yang di hafal, dan terakhir working memory atau memori kerja.

Pada fase awal, penderita gangguan ini biasanya kehilangan memori-memori yang sifatnya baru. Seperti tidak dapat mengingat kejadian yang baru saja terjadi, lupa meletakkan sesuatu dan tempat-tempat atau benda-benda yang sering digunakan. Namun dalam kasus yang berat, ia bisa sering tersesat ditempat yang tidak asing. Misal dari kamar mandi tidak bisa balik pulang. Bisa juga penderita tidak mengenali anak yang serumah dengannya maupun tetangga yang kerap berinteraksi.

Gangguan ini bisa juga dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat, bersosialisasi, dan menjaga otak agar tetap aktif bekerja. Seperti mengisi teka-teki silang, menghafal lagu dan kegiatan-kegiatan mengasah daya ingat. Ada beberapa kegiatan yang sebaiknya tidak dilakukan sendiri oleh penderita. Diantaranya mengemudikan kendaraan sendiri, bepergian sendiri serta membuat keputusan penting tanpa dirundingkan terlebih dahulu. (Tim PKRS RSUP dr.Kariadi)

Navigation

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'mysql' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: