Berita Terbaru


18-07-2018 | Hit : 51

KENALI GANGGUAN PROSTAT SEJAK DINI


Oleh dr. Ardy Santoso, Sp. BU, dokter Spesialis Bedah Urologi dari RSUP dr. Kariadi

 

Semarang- (13/07) Sahabat Sehat, mengenali gejala kanker prostat sejak dini dirasa perlu, sebelum kelenjar prostat terlanjur membesar. Prostat merupakan kelenjar yang normalnya dimiliki kaum Adam. Jika terkena kanker prostat, maka aktifitas terganggu, termasuk mengurang kualitas hubungan seksual.

Banyak sekali gejala yang mengindikasikan adanya gangguan pada kelenjar tersebut. Secara umum memeang tidak ada penyebabnya sehingga tindakan preventifnyapun tidak ada selain menjaga pola hidup sehat dan memeriksakan secara dini ke dokter ahli.

Pembesaran kelenjar prostat tidak didasarkan pada faktor usia. Ada orang yang memiliki gejala prostat sejak usia 40 tahun. Normalnya, berat prostat seorang lelaki sekitar 15-20 gram. Namun, ada yang memiliki bobot prostat berat, tidak merasakan gangguan apapun.

Gejala yang ditimbulkan jika mengalami pembengkakan prostat, yakni sering kencing di malam hari, pancaran kencing lemah, waktu kencing lebih lama dan harus mengejan. Tak hanay itu, terkadang harus menunggu dulu sebelum kencing, meski rasanya sudah ingin mengeluarkan air seni.

Pasien dengan pembengkakan prostat bisa dilakukan pengerukan prostat, dengan resiko tersendiri. Prostat itu kelenjar yang menghasilkan air mani. Dalam air mani itu didalamnya ada sperma yang mendapatkan nutrisi selama perjalanannya menuju sel indung telur dalam rahim. Bahkan ar mani yang berasal dari kelenjar prostat yang menetralkan keadaan sperma, karena vagina yang bersifat asam.

 

Navigation