Artikel Kesehatan


14-01-2019 | Hit : 19

Semarang (14/10/2019) – Sahabat sehat, pasti Anda sudah sering dengar tentang kanker payudara. Apa itu kanker payudara?  Kanker payudara adalah tumor ganas yang terbentuk di jaringan payudara. Tumor ganas merupakan kumpulan sel kanker yang berkembang secara cepat ke jaringan di sekitarnya atau menyebar ke bagian tubuh yang lebih jauh. Penyakit ini terjadi hampir selalu pada wanita namun dapat terjadi pula pada pria.

undefinedsadari

Lalu, tanda-tanda adanya kanker payudara yaitu seperti adanya perubahan bentuk dan ukuran payudara ; jika diraba terasa ada benjolan; nyeri; penebalan kulit; terdapat cekungan uklit seperti lesung pipit; pengerutan kulit payudara; keluar cairan dari puting susu; penarikan puting susu kedalam; dan luka pada payudara yang tak kunjung sembuh.

Adapun faktor yang meningkatkan risiko penyebab kanker payudara antara lain usia, Jenis kelamin, paparan radiasi, obesitas, belum pernah hamil, melahirkan pada usia tua., konsumsi alkohol, mulai menstruasi terlalu muda, telat menopause, serta riwayat kanker payudara pada keluarga. 

Untuk mencegah terkena kanker payudara, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu melakukan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis , SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri),  perubahan gaya hidup seperti tidak konsumsi alkohol, olahraga teratur, gizi seimbang, dan tidak merokok.

Navigation