Berita Terbaru


05-06-2018 | Hit : 40

Makanan Pedas, Picu Radang Tenggorok

Oleh dr. Rery Budiarti, Sp. THT-KL, dokter Spesialis THT-KL dari RSUP dr. Kariadi

undefinedlansia

Semarang-(04/06) Sahabat sehat, pernahkan tenggorokan Anda terasa nyeri saat menelan cairan maupun makanan, selain itu badan sering demam disertai batuk-batuk yang tak kunjung sembuh? Bisa saja Anda tengah mengalami faringitis atau peradangan yang menyerang tenggorok atau sering disebut dengan radang tenggorok. Radang ini disebabkan oleh beberapa seperti infeksi virus, bakteri, atau jamur yang menyerang saat daya tahan tubuh lemah. Selain itu, juga ada faktor resiko lainnya, yang dapat memicu terjadinya penyakit ini, yaitu merokok, minuman beralkohol (yang sifatnya iritatif), dan minuman atau makanan yang terlalu panas. Penyebab lainnya yang juga dapat memicu terjadinya penyakit faringitis atau peradangan tenggorok ini adalah makanan yang pedas atau asam, sehingga mengakibatkan iritasi langsung maupun secara tidak langsung melalui peningkatan asam lambung. Asam lambung yang tinggi pada kondisi tertentu dapat naik dan mengiritasi daerah tenggorok.

Gejala yang sering ditemukan saat seseorang terjangkit penyakit ini antara lain: demam, flu, nyeri tenggorok, dan kelenjar getah bening yang membengkak di leher. Sakit tenggorok akibat streptokokus merupakan penyebab pada 37% nyeri tenggorok di anak.

Untuk pengobatannya, jika faringitis disebabkan oleh virus maka dapat ditangani dengan memperbaiki kekebalan tubuh (istirahat, konsumsi vitamin, minum cairan hangat, dan membuat tubuh menjadi nyaman). Jika deisebabkan bakteri tertentu seperti Streptococcus beta hemolitikus grup A (bakteri ini bisa menyebabkan komplikasi ke organ lain, salah satunya ke jantung), maka pengobatannya memerlukan antibiotika sesuai dengan dosis yang diberikan dokter setelah anda memeriksakan diri. Apabila terdapat faktor resiko yang dapat memicu terjadinya faringitis tentunya fakotr tersebut harus dihindari dan juga diberikan  pengobatan yang sesuai.

Tim PKRS- RSUP dr. Kariadi   

Navigation