Berita Terbaru


11-02-2019 | Hit : 35

Sahabat sehat, kanker merupakan suatu istilah yang mengacu pada pertumbuhan sel yang abnormal. Sel kanker dapat terbentuk di jaringan tubuh manapun dan terus bertumbuh tak terkendali.

undefinedcancer

Saat sel kanker berkembang, proses pada tubuh  yang teratur akan menjadi rusak. Ketika dalam kondisi abnormal,  sel yang tua dan rusak akan terus bertahan hidup sedangkan kondisi seharusnya sel tersebut sudah mati, dan sel – sel baru yang tidak dibutuhkan terbentuk. Sel – sel ini dapat terus menerus membelah diri dan berkembang yang disebut tumor. Tumor ganas dapat menyebar atau menyerang jaringan yang berada didekatnya. Selain itu, ketika tumor ini tumbuh, beberapa sel kanker dapat pecah dan bergerak ke tempat yang jauh di dalam tubuh melalui darah atau sistem getah bening dan membentuk tumor baru yang berbeda dari tumor aslinya.

Sahabat, terdapat beberapa faktor yang meningkatkan risiko terkena penyakit kanker yaitu seperti usia, kebiasaan buruk yang tidak sehat,obesitas, radiasi sinar matahari dan lingkungan hidup.  Penyakit kanker bisa memerlukan waktu puluhan tahun untuk tumbuh, oleh karena itu kebanyak orang yang didiagnosis penyakit ini berusia lanjut. Meskipun kebanyakan seperti itu, tetapi kanker bukanlah penyakit khusus untuk orang dewasa/ tua bisa juga menyerang usia muda. Kebiasaan merokok, konsumsi alkohol berlebihan, pola makan yang tidak sehat bisa menjadi faktor penyebab kanker. Bahan kimia berbahaya seperti asbes dan benzena di rumah atau tempat kerja bisa menjadi faktor yang meningkatkan risiko penyakit ini. Meskipun tidak merokok, jika menghirup asap rokok dan  berada di sekitar orang yang merokok atau tinggal dengan seseorang yang merokok sama saja meningkatkan risiko terkena kanker.

Dalam upaya mencegah terkena penyakit kanker  kita dapat melakukan perilaku CERDIK. CERDIK adalah Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres. (Tim PKRS RSUP dr.Kariadi)

 

 

 

 

 

 

 

Navigation