Berita Terbaru


16-05-2019 | Hit : 3

MENGATASI SARIAWAN PADA ANAK

Oleh  drg. Diah Ajeng Purbaningrum, MDSc., Sp.KGA dari RSUP dr.Kariadi

undefinedSARIAWAN

Sahabat sehat, sariawan merupakan satu penyakit mulut yang dapat timbul kapan saja. Tidak hanya dialami orang dewasa saja, tetapi anak-anak hingga balita pun tidak luput dari sariawan. Sama halnya seperti orang dewasa, pada balita dan anak-anak rasa nyeri yang ditimbulkan dari sariawan tentu terasa tidak nyaman dan mengangu. Rasa nyeri biasanya terasa 3-4 hari dan sariawan akan hilang 7-14 hari. Tanda yang muncul jika terkena sariawan sama saja antara orang dewasa dan anak hanya saja pada anak biasanya menjadi lebih rewel. Biasanya ulkus atau luka berwarna putih kekuningan dengan batas berwarna merah.

Sariawan pada balita memang jarang terjadi, tapi dapat saja muncul karena beberapa sebab. Pertama adanya faktor traumatik seperti contohnya tidak sengaja tergigit bagian lidah atau bibir. Selain itu penyebab kekeruang nutrisi dan vitamin dapat memicu timbulnya sariawan. Dapat pula disebabkan karena adanya infeksi seperti infeksi virus biasanya sariawan disertai dengan peningkatan suhu tubuh, infeksi jamur juga bias menjadi penyebab terjadinya sariawan pada anak hal ini bisa terjadi karena kersihan rongga mulut anak yang jelek. Selain itu, anemia dan alergi terhadap makanan asam dan pedas pun dapat menimbulkan sariawan.

Dari berbagai macam faktor tersebut, sariawan pada anak dan balita dapat diatasi dengan beberapa cara berdasarkan faktor penyebabnya seperti memberikan asupan nutrisi yang cukup bagi anak, menjaga kesehatan rongga mulut anak dengan membersihakan rongga mulut terutama setelah anak mengkonsumsi susu atau cairan dan makanan manis. Bagi anak balita pembersihan rongga mulut bisa menggunakan kasa basah yang dililitkan pada jari telunjuk ibu dan diberishkan seluruh rongga mulutnya, tidak hanya gigi tetapi juga lidah, gusi dan pipi bagian dalam. Jika anak sudah dapat menyikat gigi sendiri orang tua sebaiknya membiasakan anaknya menggosok gigi terutama menjelang tidur.

Navigation