Berita Terbaru


25-04-2018 | Hit : 63

MENJADI LANSIA PRODUKTIF

(Artikel ini disampaikan oleh dr. Bambang Joni Karjono, SpPD,K-Ger,MARS dari RSUP Dr. Kariadi)

  

Semarang (25/04) – Sahabat sehat, menjadi tua memang sesuatu yang tidak bisa dihindari. Namun, agar tetap produktif di usia lanjut memang dibutuhkan persiapan sedini mungkin. Mengingat, saat usia semakin bertambah fungsi organ tubuh juga akan terus mengalami penurunan. Penurunan fungsi tubuh tersebut, biasanya terjadi sejak usia 40 tahun. Dimana setiap tahun fungsi organ tubuh akan menurun 1 persen.

Oleh karena itu, pola hidup sehat harus diterapkan sejak muda. Ada 4 hal yang harus diperhatikan:

  1. Memelihara fisik : bisa dilakukan dengan olahraga teratur sejak usia muda, olahraga yang teratur, ritmis atau aerobik. Tidak bersifat kompetitif. Olahraga sedikit diatas sedang saat menjelang usia lanjut (45 tahun) atau pra lansia. Contohnya jalan kakai 30 menit dengan langkah lebar dan agak cepat, berenang, lakukan aktifitas sehari-hari seperti menyapu yang sifatnya diatas sedang (tidak boleh terlalu cepat dan tidak boleh terlalu pasif).
  2. Memelihara mental : secara psikologis berlatih sabar, memelihara intelektual dengan selalu belajar dan menerima informasi (baca koran, mendengarkan radio dan televisi, serta main catur dll) juga bersosialisasi atau bergaul dengan orang yang seusia atau lebih tua dan lebih muda.
  3. Menghindari/ mengatasi penyakit : jika memiliki penyakit kronik sebaiknya kontrol teratur, minum obat teratur, minum obat teratur sesuai kebutuhan. Jika belum punya penyakit maka bisa menghindari atau mencegah kemunculan penyakit dengan pengaturan diet, tidak merokok, melakukan aktivitas fisik dan menghindari penyakit kolesterol.
  4. Menikmati hidup : menjalani hidup dengan apa adanya, tidak terbebani dengan peristiwa hidup dimasa lalu ( berangan-angan seperti yang lalu, entah tiu terkait kesuksesan atau kegagalan). Jangan memikirkan masa depan yang tidak apsti (memiliki keinginan yang berlebih-lebihan yang sekiranya tidak bisa dijangkau). Memikirkan sesuatu yang tidak perlu dipikirkan ( memikirkan cucu yang ada diluar kota padahal sudah dalam pengasuhan orang tuanya).

Dengan menerapkan aspek-aspek diatas harapkan saat berusia lanjut, kita masih bisa mandiri. Yaitu berbadan sehat ( untuk diri sendiri), aktif (punya kegiatan yang positif), produktif ( masih bisa menghasilkan sesuatu baik barang maupun jasa), sejahtera (lansia yang sukses tidak tergantung pada orang lain mandiri secara fisik, mental, ekonomi, sosial dan psikologi). Atau menurut Prof R Boedi Darmojo yang di abadikan pada moto Klinik Geriatri RSUP Dr. Kariadi, lansia sukses adalah yang BAHAGIA. B : Berat badan berlebihan dihindari, A : Aturlah makanan sehingga seimbang, H : Hindari faktor-faktor risiko penyakit degeneratif  (jantung koroner, penyakit gula), A : Agar terus berguna dengan mempunyai kegiatan atau hobi yang bermanfaat, G: Gerak badan teratur wajib terus dilakukan,  I : Iman dan taqwa ditingkatkan, hindari dan tangkal situasi mengegangkan, A : Awasi kesehatan dengan memeriksakan badan secara periodik.

Navigation