Artikel Kesehatan


16-01-2019 | Hit : 61

undefinedlansiaSahabat sehat, tahukah Anda? Usia lanjut merupakan periode yang unik dan sulit dalam hidup. Usia lanjut adalah suatu tahap peralihan dalam arti bahwa baik pria maupun wanita harus menyesuaikan diri pada semakin berkurangnya tenaga mental dan fisik mereka. Pada masa usia ini akan menghadapi berbagai gangguan kesehatan yaitu seperti yang dapat kita sebut 5-B. Apa saja 5-B itu? 5-B adalah Budeg (pendengaran berkurang), Blawur (penglihatan berkurang), Beser (buang air kecil tidak terkontrol), Bingung (pikun, alzheimer), dan Bablas (jika B yang lain tidak teratasi, bisa meninggal sewaktu-waktu).

Nah sahabat, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam menjaga kesehatan di usia lanjut nih. Pertama, dengan meningkatkan kemampuan otak. Kemampuan otak dalam berpikir dan emngingat akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jika ingin memiliki otak yang prima di usia tua, cobalah selalu mengasah otak dengan aktivitas seperti mengerjakan teka-teki silang atau membaca koran, catur dan majalah.

Lakukanlah aktivitas fisik.  Penting untuk kita membiasakan melakukan aktivitas fisik, bisa dengan kegiatan sederhana seperti berjalan, mencuci, menyapu dan sebagainya. Sedangkan latihan fisik bisa dengan olahraga senam, berlari, berenang dan lain-lain yang dilakukan sekurangnya 30 menit sehari 3 kali dalam seminggu.

Lalu, kita perlu melakukan pengaturan gizi untuk tubuh. Makanlah beraneka ragam makanan, diet sesuai kebuituhan gizi yang dianjurkan sesuai kondisi kesehatan meliputi sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, banyak konsumsi sayur dan buah guna kebutuhan vitamin, mineral dan serat. Perlu diketahui bahwa tubuh memerlukan konsumsi makanan dengan asupan gizi yang seimbang.

Kemudian sebenarnya tidak hanya lansia yang perlu memelihara kebersihan tubuh. Memelihara kebersihan tubuh secara teratur seperti mandi 2 kalli sehari dengan sabun mandi, menggunakan pakaian yang bersih, serta alas kaki yang nyaman dan aman.

Di masa tua banyak faktor yang dapat memicu timbulnya stres. Stres yang tidak diatasi akan menumbuhkan gangguan masalah kesehatan yang serius. Lakukanlah istirahat yang cukup dan kelola stres dengan baik agar hal itu tidak terjadi. Melakukan hobi sesuai kemampuan juga termasuk pengelolaan stres atau juga bisa dengan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Yang terakhir adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, sekurang-kurangnya 1 tahun sekali. Hal ini untuk mendeteksi dini  terhadap penyakit kronis yang mungkin timbul. Apabila ada kemungkinan timbulnya suatu penyakit, dengan pemeriksaan ini dapat dicegah agar tidak menjadi parah dan agar dapat disembuhkan secara cepat. ( Tim PKRS RSUP dr.Kariadi)

Navigation