Berita Terbaru


16-10-2018 | Hit : 23

Menunda Terjadinya Osteoarthritis Lutut Supaya Bisa Bergerak Aktif

Disampaikan oleh KSM Rehabilitasi Medik RSUP dr. Kariadi

Semarang (12/10) – Sahabat Sehat, pernahkah anda mengalami peradangan pada sendi? Kali ini akan dibahas informasi mengenai penyakit Osteoarthritis. Penyakit Osteoartritis (OA) adalah penyakit sendi degeneratif, yaitu penyakit yang disebabkan karena penggunaan seiiring dengan usia. OA terjadi akibat rusaknya tulang rawan sendi (kartilago) yang melindungi dan memberi bantalan bagi sendi, sehingga menyebabkan tulang jadi bergesekan satu sama lain saat bergerak yang akhirnya menyebabkan timbulnya rasa sakit dan kaku.

OA biasanya terjadi pada orang dewasa berumur 40 tahun ke atas, namun semua golongan usia dapat menderita penyakit ini.  Gejala OA dapat muncul pada lutut (paling banyak, 87%), punggung, pinggul, sendi-sendi tangan, sendi-sendi kaki (terutama jari-jari kaki, pergelangan kaki).

Sahabat sehat, gejala yang muncul pada OA terjadi secara bertahap. Pada awalnya gejala yang muncul dapat berupa kekakuan atau rasa sakit pada sendi. Seringkali gejala timbul setelah aktivitas yang berat atau karena tidak digunakan dalam waktu yang lama. Seiring berjalannya waktu, OA dapat menjadi lebih parah dengan gejala nyeri yang semakin hebat setiap kali kambuh. Kaku juga semakin memberat, timbul bengkak kemerahan, dan terasa gesekan / bunyi kretek-kretek. Jika tidak ditangani, maka akan timbul kesulitan aktivitas, seperti nyeri saat berjalan, berdiri lama, dan saat menaiki tangga.

Yang beresiko terkena OA antara lain usia di atas 40 tahun, orang dengan obesitas karena sendi lutut menjadi tumpuan berat badan saat berdiri harus berkerja lebih berat menopang tubuh yang berat, dan juga jenis kelamin. Orang yang mempunyai keluarga dengan penyakit OA juga beresiko, selain itu pasien yang pernah mengalami cedera dan aktivitas berlebihan juga dapat beresiko terkena Osteoarthritis.

Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah perlu OA diterapi? Sebelumnya tentu kita perlu mengetahui, manfaaat terapi. Terapi pada OA dapat memperlambat kerusakan tukang rawan sendi dan dapat mengurangi bahkan menghilangkan nyeri, sehingga masih dapat tetap aktif. Prinsip pada terapi Osteoarthritis adalah mengurangi beban sendi pada lutut, memperkuat otot sekitar lutut dan memberi nutrisi pada sendi lutut.

Sahabat sehat, nyeri lutut sebaiknya segera diperiksakan ke dokter jika disertai dengan bengkak, demam,  kelemahan dan atau kesemutan pada kaki. Osteoarthritis lutut tidak dapat dihindari, namun dapat ”dimundurkan” waktu terjadinya, dengan cara menjaga berta badan tetap idela dan olahraga, seperti bersepeda dan berenang.

 

 

Navigation