Artikel Kesehatan


23-05-2017 | Hit : 48

Multiple myeloma adalah kanker yang terbentuk pada sejenis sel darah putih yang disebut sel plasma. Sel plasma membantu Anda melawan infeksi dengan membuat antibodi yang mengenali dan menyerang kuman. 

Beberapa myeloma menyebabkan sel kanker menumpuk di sumsum tulang, di mana mereka mengeluarkan sel darah sehat. Alih-alih menghasilkan antibodi yang membantu, sel kanker menghasilkan protein abnormal yang bisa menyebabkan masalah ginjal.

Pengobatan untuk multiple myeloma tidak selalu diperlukan. Jika Anda tidak mengalami tanda dan gejala, Anda mungkin tidak memerlukan perawatan. Jika tanda dan gejala berkembang, Sejumlah perawatan dan terapi dapat membantu mengendalikan multiple myeloma Anda.

 

Gejala

Tanda dan gejala multiple myeloma dapat bervariasi dan, di awal penyakit, mungkin tidak ada.

Bila tanda dan gejala memang terjadi, mereka bisa memasukkan:

  • Sakit tulang, terutama di tulang belakang atau dada
  • Mual
  • Sembelit
  • Kehilangan selera makan
  • Kesadaran berkabut atau kebingungan
  • Kelelahan
  • Sering terkena infeksi
  • Penurunan berat badan
  • Kelemahan atau kesemutan di kaki
  • Haus yang berlebihan

Penyebab

Tidak jelas apa penyebab myeloma.


Telah diketahui bahwa mieloma dimulai dengan satu sel plasma abnormal di sumsum tulang Anda - jaringan penghasil darah yang lembut yang mengisi sebagian besar tulang Anda. Sel abnormal berkembang biak dengan cepat.


Karena sel kanker tidak matang dan kemudian mati seperti sel normal, mereka menumpuk, akhirnya dahsyat produksi sel sehat. Di dalam sumsum tulang, sel myeloma mengeluarkan sel darah putih yang sehat dan sel darah merah, yang menyebabkan kelelahan dan ketidakmampuan untuk melawan infeksi.



Sel mieloma terus mencoba menghasilkan antibodi, seperti sel plasma yang sehat, namun sel mieloma menghasilkan antibodi abnormal yang tidak dapat digunakan tubuh. Sebaliknya, antibodi abnormal (protein monoklonal, atau protein M) terbentuk di dalam tubuh dan menyebabkan masalah, seperti kerusakan pada ginjal.


Hubungan dengan MGUS


Mieloma multipel hampir selalu dimulai sebagai kondisi yang relatif jinak yang disebut gammopati monoklonal dengan signifikansi yang tidak diketahui (MGUS).


MGUS, seperti multiple myeloma, ditandai dengan adanya protein M - diproduksi oleh sel plasma abnormal - dalam darah. Namun, di MGUS, kadar protein M lebih rendah dan tidak ada kerusakan pada tubuh.

 

Faktor risiko


Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko multiple myeloma meliputi:

 

Bertambahnya usia. Risiko multiple myeloma meningkat seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang didiagnosis pada usia pertengahan 60an.
Jenis Kelamin Pria. Pria lebih cenderung mengembangkan penyakit dibanding wanita.
Ras hitam Orang kulit hitam kira-kira dua kali lebih mungkin mengalami multiple myeloma seperti kulit putih.
Riwayat monoclonal gammopathy of undetermined significance (MGUS). Setiap tahun 1 persen orang dengan MGUS di Amerika Serikat berkembang menjadi multiple myeloma.

 

Komplikasi

Komplikasi multiple myeloma meliputi:

 

Sering terken infeksi. Sel mieloma menghambat kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.
Masalah tulang. Beberapa myeloma juga dapat mempengaruhi tulang Anda, menyebabkan nyeri tulang, tulang yang menipis dan patah tulang.
Penurunan fungsi ginjal. Multiple myeloma dapat menyebabkan masalah pada fungsi ginjal, termasuk gagal ginjal. Kadar kalsium yang lebih tinggi dalam darah yang terkait dengan erosi tulang dapat mengganggu kemampuan ginjal Anda untuk menyaring limbah darah Anda. Protein yang diproduksi oleh sel myeloma dapat menyebabkan masalah yang sama.
Penurunan jumlah sel darah merah rendah (anemia). Saat sel mieloma keluar dari sel darah normal, multiple myeloma juga dapat menyebabkan anemia dan masalah darah lainnya.

 

 

Navigation