Artikel Kesehatan


17-10-2017 | Hit : 70

NGOROK YANG MEMBAWA PETAKA!

 dr.Farokah Sp.THT-KL (K), Msi Med.

KSM THT-KL RSUP Dr. KARIADI SEMARANG

 

Tidur adalah suatu kebutuhan manusia untuk mengistirahatkan tubuh dari berbagai aktivitas. Beberapa dari masyarakat banyak yang mengeluh jika kurang tidur. Kurang tidur disini baik karena waktu yang kurang dalam tidur, atau tidak nyenyak dalam tidur. Tidak nyenyak dalam tidur salah satunya dapat di sebabkan oleh penyakit yang di sebut Obstructive Sleep Apnea (OSA), atau sering di sebut gangguan napas/ henti napas saat tidur. OSA ini disebabkan oleh karena adanya sumbatan jalan napas saat tidur itu sendiri. Sumbatan pada OSA bisa terjadi pada anak-anak maupun dewasa. Penyebab paling sering pada anak-anak antara lain adalah amandel yang besar dan obesitas. Sedangkan pada dewasa sering bersumber dari lidah yang terjatuh kebelakang karena obesitas dan dapat juga terjadi karena adanya kelainan pada hidung yang dapat menyebabkan hidung tersumbat.

 undefinedngorok

Tanda-tanda OSA yaitu mengorok/ mendengkur yang keras saat tidur, terdapat gerakan aneh saat tidur, terbangun secara tiba-tiba saat tidur, adanya rasa belum puas untuk tidur atau rasa kantuk yang berlebihan pada siang hari, pusing saat pagi hari dan gangguan konsentrasi. Terbangun saat tidur paling sering dilaporkan karena adanya henti napas secara tiba-tiba. Terdapat beberapa pemeriksaan yang harus dilakukan untuk menunjang diagnosis dari OSA tersebut seperti menilai kualitas tidur (Polisomnografi/ PSG). Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk melihat seberapa sering periode henti napas saat tidur. Sedangkan pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui sumbatan jalan napas atas dilakukan pemeriksaan endoskopi yang lentur.

Penanganan dalam OSA ini bisa di lakukan setelah mengetahui penyebab dari OSA tersebut. Dapat dilakukan dengan alat untuk mengalirkan udara yang bertekanan positif saat tidur (CPAP/ continous positif airway pressure), untuk memperbaiki kualitas bernafas. Penyebab OSA yang dikarenakan kelainan struktur pada jalan napas atas dapat dilakukan tidakan operatif untuk merekonstruksi bentuk kelainan tersebut. OSA ini sendiri jika tidak tertangani selain mengganggu teman tidurnya, akan menyebabkan beberapa gangguan yang sangat mengganggu seperti aktivitas social hingga dapat menyebabkan depresi bahkan dapat menyebabkan kelainan jantung, stroke dan mati mendadak.

Jika anda merasakan gejala yang disebutkan di atas maka segeralah untuk memeriksakan diri anda agar terhindar dari mengorok yang membawa petaka!

Navigation