Pelatihan, Seminar, Workshop, Lomba


21-04-2016 | Hit : 340

PELATIHAN EMERGENCY PSYCHIATRIC OF NURSING 

DI RSUP Dr. KARIADI 

A.     LATAR BELAKANG

Kebutuhan layanan psikiatri di rumah sakit umum sangat diperlukan. Kecenderungan gangguan jiwa akan semakin meningkat seiring dengan terus berubahnya situasi ekonomi dan politik kearah tidak menentu, prevalensinya bukan saja pada kalangan menengah kebawah sebagai dampak langsung dari kesulitan ekonomi, tetapi juga kalangan menengah keatas sebagai dampak langsung atau tidak langsung ketidakmampuan individu dalam penyesuaian diri terhadap perubahan sosial yang terus berubah (Rasmun, 2001). Sebagai rumah sakit umum pusat yang memiliki bangsal psikiatri, Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi Semarang memiliki tuntutan layanan terutama berhubungan dengan kasus akut yang memerlukan tatalaksana segera dan bersifat komprehensif dengan mempertimbangkan keselamatan pasien (patient safety). Layanan yang dibutuhkan rawat inap psikiatri berhubungan dengan kasus-kasus akut yang memiliki indikasi adanya kecenderungan untuk membahayakan diri maupun orang lain, hal ini menjadi karakteristik pasien yang datang ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi Semarang terutama dengan gejala agitasi, agresivitas, dan percobaan bunuh diri.


Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), jumlah penderita gangguan jiwa di dunia pada 2001 adalah 450 juta jiwa. Dengan mengacu data tersebut, kini jumlah itu diperkirakan sudah meningkat. Diperkirakan dari sekitar 220 juta penduduk Indonesia, ada sekitar 50 juta atau 22 persennya, mengidap gangguan kejiwaan (Hawari, 2009). Dalam hal ini yang perlu menjadi perhatian adalah gangguan kejiwaan yang membutuhkan penanganan segera yang di golongkan keadaaan kegawatdaruratan psikiatri. Kegawatdaruratan psikiatri adalah suatu gangguan akut pada pikiran, perasaan, perilaku, atau hubungan sosial yang membutuhkan suatu intervensi segera (Allen, Forster, Zealberg, & Currier, 2002). Menurut Kaplan dan Sadock (1993) kegawatdaruratan psikiatri adalah gangguan alam pikiran, perasaan atau perilaku yang membutuhkan intervensi terapeutik segera.


Layanan yang dibutuhkan rawat  inap psikiatri berhubungan dengan kasus-kasus akut yang memiliki indikasi adanya kecenderungan untuk membahayakan diri maupun orang lain. Hal ini menjadi karakteristik pasien yang datang ke RSUP Dr. Kariadi Semarang terutama dengan gejala agitasi, agresivitas, dan percobaan bunuh diri. Kondisi tersebut tentu saja membutuhkan manajemen yang intensif. Pelayanan intensif tersebut dimulai sejak pasien masuk hingga 24 jam pertama dan terus berlangsung selama berada di ruang rawat inap psikiatri. Layanan seperti ini tentunya menuntut sebuah fasilitas yang khusus disertai kemampuan dan keterampilan yang memadai dari staf di ruang rawat inap psikiatri.


Dari adanya kebutuhan ini maka ruang rawat inap psikiatri RSUP Dr. Kariadi Semarang bekerjasama dengan bagian Diklat dan Tim Seminatan Jiwa Jawa Tengah akan menyelenggarakan Pelatihan Emergency Psychiatric of Nursing bagi tenaga keperawatan. RSUP Dr. Kariadi Semarang telah lulus akreditasi KARS pada tahun 2014 dan JCI pada tahun 2015, oleh karena itu dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan tenaga keperawatan memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam menyelenggarakan pelayanan kegawatdaruratan psikiatri sehingga mutu pelayanan rumah sakit dapat terus ditingkatkan.


B.     TUJUAN

1.   Tujuan Umum

Setelah pelatihan ini diharapkan peserta pelatihan memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam menyelenggarakan pelayanan Emergency Psychiatric of Nursing

2.   Tujuan Khusus

Setelah mengikuti Pelatihan Emergency Psychiatric of Nursing, diharapkan peserta mampu:

a.    Memahami konsep asuhan keperawatan kepada pasien dengan kegawatdaruratan psikiatri


b.    Mampu memberikan asuhan keperawatan kepada pasien dengan kegawatdaruratan psikiatri

c.    Mampu mendemonstrasikan penanganan pasien dengan kegawatdaruratan psikiatri (restrain)

d.    Mampu melakukan monitoring dan evaluasi kepada pasien dengan kegawatdaruratan psikiatri (restrain)

e.    Mampu bekerja sama dengan profesi lain dalam menyelenggarakan pelayanan kegawatdaruratan psikiatri

 

 

C.     PELAKSANAAN  

Kegiatan Pelatihan Emergency Psychiatric of Nursing akan diselenggarakan pada :

Hari, Tanggal       : Rabu – Jumat, 25 – 27 Mei 2016

Tempat                : Aula Diklat RSUP Dr. Kariadi Semarang

 

 

D.     NARASUMBER

1.   Prof. Dr. Budi Anna Keliat, S.Kp, MappSc (Guru Besar Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia)

2.   M. Fathul Mubin, SKep, Ners. MKep, SPJ (Tim Seminat Keperawatan Jiwa Jawa Tengah)

3.   Aji Sukarno, SKep, Dinar Kusumaningtyas Sumitro, SKep, Ners, Vicky Nur Prabowo, SKep, Ners (Tim Keperawatan Jiwa RSUP Dr. Kariadi Semarang)

 

E. KONTRIBUSI PESERTA

Biaya pelatihan adalah Rp. 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah) yang meliputi biaya pelatihan, materi pelatihan, sertifikat terakreditasi PPNI, konsumsi selama 3 hari pelatihan (makan siang dan coffee break). 

Biaya tersebut TIDAK termasuk akomodasi penginapan untuk peserta di luar RSUP Dr. Kariadi Semarang.

- 

 

 

 

 

 

Navigation