Artikel Kesehatan


24-06-2015 | Hit : 544

Melakukan seks bebas selain bisa mengakibatkan kehamilan diluar nikah, juga beresiko tertular berbagai penyakit kelamin yang sangat mengerikan. Penyakit tersebut bisa mengakibatkan penderitaan seumur hidup hingga kematian yang mengenaskan.

Penyakit Berbahaya Akibat Seks Bebas

Penyakit menular seksual juga dapat menular melalui penggunaan jarum suntik, ibu ke anak terutama saat persalinan. Mudah terkena jika berganti pasangan. Dengan perilaku seks yang aman dapat menurunkan resiko penyakit kelamin.

Hal itu diungkapkan oleh dr. TM Sri Redjeki, SpKK (K), M.Si Med dokter spesialis kulit dan kelamin RSUP Dr. Kariadi, Jumat (21/11). Ia menerangkan, banyak penyakit yang ditimbulkan akibat melakukan seks bebas. Ia menyebutkan penyakit menular seksual (PMS) diantaranya, Herpes Genital, Sifilis (Penyakit Raja Singa), Gonore (Kencing Nanah), Klamidia, Jengger Ayam atau kutil di kelamin (Genital Wart), Trichomoniasis, dan HIV/AIDS.

''Kebanyakan penyakit kelamin ini ditimbulkan dari pola seksual yang salah, sehingga jika tidak diwaspadai maka akan berpotensi pada HIV/AIDS yang sangat berbahaya dan menular hingga menyebabkan kematian,'' kata dokter yang juga staf pengajar Dermato Venereologis Fakultas Kedokteran, Undip itu.

Sri mengungkapkan, penularan peyakit kelamin ini sangat cepat dan bisa tidak disadari oleh penderita. Penyakit kelamin mudah menyerang pada golongan orang yang mempunyai perilaku seks bebas, baik pada pria maupun wanita. Misalnya penjaja seks (PSK), wanita atau laki-laki yang sering bergonti-ganti teman kencan, laki-laki hidung belang dan sebagainya.

''Banyak orang yang belum tahu ancaman penyakit ini apalagi ditambah kurang sadarnya menjaga kebersihan kelamin, perilaku seks bebas dan juga masalah prostitusi mempercepat perkembangan penyakit kelamin yang bisa mengancam kesehatan, bukan hanya penderita tapi juga kesehatan keluarga dan masyarakat. Ancamannya cukup serius seperti kemandulan, sumbatan kemaluan, impotensi, keguguran, bayi lahir cacat, hamil diluar kandungan, bahkan kematian,'' tambahnya.

Ia menerangkan, bila seseorang terinfeksi dengan PMS akan sulit terlihat, oleh karena itu sangat penting untuk memeriksakan diri bila pernah berhubungan intim tanpa perlindungan dengan pasangan bukan tetap. Dirinya mengimbau, pemeriksaan diri ke dokter atau layanan kesehatan terdekat. Ia juga menginginkan,agar pengetahuan agama dan pengajaran akhlak diberikan sejak dini kepada seluruh generasi penerus bangsa untuk mencegah penyakit yang sangat berbahaya itu.

''Ini penting dilakukan untuk mengetahui gejala yang ditimbulkan dan juga untuk mendapatkan informasi yang benar mengenai masalah kesehatan seksual yang dihadapi, bagaimana cara mengobatinya dan mencegah penyakit semakin merajalela. Bisa juga memeriksakan diri  ke klinik VCT RSUP Dr. Kariadi, layanan pemeriksaan ini gratis,'' tandasnya. (sr-48 )

Navigation