Berita Terbaru


04-03-2019 | Hit : 42

PENYEBAB KANKER PAYUDARA

Oleh KSM Ilmu Penyakit Dalam RSUP dr.Kariadi

undefinedpayu

Semarang (04/03/2019) – Sahabat sehat, tahukah Anda bahwa penyebab kanker payudara belum diketahui pasti. Meski begitu, para ahli meyakini jika penyebab kanker payudara karena  sel?sel payudara berkembang secara abnormal dan membentuk sebuah benjolan di payudara. Benjolan ini dapat menyebar ke jaringan di sekitarnya dan ke bagian tubuh yang lain.

Terdapat beberapa kondisi yang bisa jadi faktor penyebab kanker payudara. Para dokter memperkirakan sekitar 5?10 persen penyebab kanker payudara berhubungan dengan mutasi gen 1 (BRCA1) dan gen 2 (BRCA2) yang diturunkan di keluarga. Maka jika Anda memiliki riwayat kanker di payudara dalam keluarga, sebaiknya Anda memeriksa darah Anda untuk mendeteksi gen tersebut.

Selain mutasi gen, para ahli juga sepakat bahwa riwayat medis dan gaya hidup seseorang bisa jadi faktor penyebab kanker payudara.

Faktor Risiko Kanker Payudara

Faktor risiko adalah apa yang membuat seseorang lebih mungkin akan mendapatkan penyakit tertentu.Tapi bukan berarti jika ada faktor risiko tersebut, seseorang pasti terkena  kanker. 

Faktor-faktor yang berhubungan dengan peningkatan risiko kanker payudara meliputi:

  1. Gender perempuan.

Perempuan lebih mungkin mengalami kanker payudara dibanding pria.

  1. Usia.

Risiko kanker payudara meningkat seiring usia. Wanita yang lebih tua dari 55 memiliki risiko lebih besar daripada wanita yang lebih muda.

  1. Sudah pernah kena kanker payudara.

Jika Anda sudah pernah menderita kanker payudara pada satu payudara, Anda memiliki peningkatan risiko mengembangkan kanker pada payudara satunya.

  1. Riwayat kanker payudara pada keluarga.

Jika Anda memiliki seorang ibu, saudara perempuan atau anak perempuan dengan kanker payudara, Anda memiliki kesempatan lebih besar didiagnosis menderita kanker payudara. Namun, sebagian besar orang yang didiagnosis dengan kanker payudara tidak memiliki riwayat kanker payudara pada keluarga.

  1. Mewarisi gen yang meningkatkan risiko kanker.

Mutasi gen tertentu yang meningkatkan risiko kanker payudara dapat diturunkan dari orang tua kepada anak-anaknya. Mutasi gen yang paling umum disebut sebagai BRCA1 dan BRCA2. Gen ini dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker lainnya.

  1. Paparan radiasi.

Jika Anda menerima perawatan radiasi untuk dada sejak masa kanak-kanak atau dewasa muda, Anda lebih mungkin untuk mengembangkan kanker payudara di kemudian hari.

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko kanker payudara karena jaringan lemak memproduksi estrogen yang dapat membantu pertumbuhan kanker.

  1. Mulai mens / haid pada usia yang lebih muda.

Mulai Mens / haid sebelum usia 12 tahun meningkatkan risiko kanker payudara.

  1. Mulai menopause pada usia yang lebih tua.

Jika Anda mulai menopause setelah usia 55 tahun, Anda lebih mungkin untuk mengembangkan kanker payudara.

  1. Memiliki anak pertama di usia yang lebih tua.

Wanita yang melahirkan anak pertama mereka setelah usia 35 mungkin memiliki peningkatan risiko kanker payudara.

  1. Terapi hormon pascamenopause.

Wanita yang mengkonsumsi obat terapi hormon yang menggabungkan estrogen dan progesteron untuk mengobati tanda-tanda dan gejala menopause memiliki peningkatan risiko kanker payudara.

  1. Minum alkohol.

Minum alkohol meningkatkan risiko kanker payudara. Para ahli merekomendasikan tidak lebih dari satu gelas beralkohol sehari untuk wanita. Konsultasikan ke dokter guna mencari tahu informasi lebih lanjut terkait faktor lain yang jadi penyebab kondisi ini.

 

Navigation