Berita Terbaru


01-03-2019 | Hit : 45

PENYEBAB KANKER SERVIKS

Oleh KSM Obsgyn RSUP dr.Kariadi

undefinedcerv

Sahabat sehat, kanker serviks (carsinoma cervix)  adalah tumor ganas yang mengenai salah satu bagian dari organ kandungan pada wanita. Pada wanita kejadian kanker serviks masih dibawah tumor ganas payudara (Ca mammae). Diseluruh dunia diperkirakan kejadian kanker serviks bertambah 500.000 penderita baru setiap tahunnya.

Apa sih penyebabnya?

  1. Usia pernikahan muda. Pada pasangan yang menikah muda (di bawah 18 tahun angka kejadian kanker serviks adalah 13,5 hingga 25 kali lipat dibanding mereka yang menikah di atas 25 tahun ke atas.
  2. Usia pertama kali melahirkan yang dini (di bawah 20 tahun) mempunyai resiko kejadian 3,28 kali lebih mudah terkena kanker serviks dibandingkan wanita yang melahirkan pertama kali di atas 26 tahun.
  3. Wanita yang melahirkan di atas 12 kali mempunyai resiko 4 kali lebih mudah terkena kanker serviks dibandingkan mereka yang hanya melahirkan 0-1 kali.
  4. Infeksi virus HPV (human papiloma virus), herpes simpleks, CMV (Citomegalo virus) memudahkan seseorang untuk terkena kanker serviks.

Gejala kanker serviks antara lain perdarahan melalui jalan lahir, keputihan melalui jalan lahir, nyeri perut bagian bawah, nyeri sewaktu kencing.

Bila menemui gejala gejala seperti tersebut di atas penderita sebaiknya memeriksakan diri ke dokter terdekat untuk dilakukan pulasan kerokan serviks, ultrasonografi dan pemeriksaan laboraorium.

Terapi yang dilakukan pada penderita kanker serviks adalah meliputi pembedahan, kemoterapi dan penyinaran.

Navigation