Artikel Kesehatan


04-10-2017 | Hit : 26

PERAWATAN ORTODONTI

MERAPIKAN GIGI/BEHEL GIGI

(drg. Feni Norma Zunita, M.Kes. Sp.Ort)

 KSM GIGI & MULUT RSUP Dr. KARIADI

 

Perawatan ortodonti merupakan suatu usaha untuk melakukan koreksi terhadap posisi gigi yang salah sehingga mempengaruhi oklusi. Oklusi yang tidak sesui disebut maloklusi.

Maloklusi adalah keadaan gigi yang tidak harmonis secara estetik mempengaruhi penampilan seseorang dan mengganggu keseimbangan fungsi baik fungsi pengunyahan maupun bicara.

Maloklusi umumnya bukan merupakan proses patologis tetapi proses penyimpangan dari perkembangan normal (Proffit, et.al.,2007).

 

TIPE MALOKLUSI

  • Maoklusi Dental adalah suatu kelainan susunan gigi geligi
  • Maloklusi Skeletal adalah penyimpangan hubungan rahang atas dan rahang bawah terhadap kranium
  • Maloklusi Fungsional adalah penyimpangan karena fungsi

 

Tujuan Perawatan ortodonti untuk  memperbaiki kesehatan rongga mulut, fungsih kunyah, estetika wajah, fungsi bicara dan sususnan geligi

 

Kapan Kita Datang ke Ortodontis

Sebaiknya anak-anak check-up ke Ortodonti tidak lebih dari umur 7 tahun karena kelainan tidak hanya di gigi tapi bisa pada rahang yang dapat dirawat pada saat tumbuh kembang sebelum puncak pertumbuhan selesai.

Kenapa Kita Membutuhkan Perawatan Behel Gigi

  • Perawatan Behel Gigi dilakukan pada maloklusi gigi (Gigitan yang tidak benar). Diantaranya gigi yang berantakan, maju (Tonggos), renggang, maupun Cakil. Malposisi gigi dapat menyebabkan kurang percaya diri sehingga tidak mau tersenyum lebar atau tertawa lepas karena takut gigi terlihat buruk.

 

Apa Keuntungan Perawatan Behel Gigi
     Keuntungan yang didapat dari tujuan perawatan

  • behel gigi diantaranya; Merapikan Gigi, memperbaiki intergigitasi gigi, Memudahkan membersihkan gigi, Mengurangi resiko lubang gigi, Mengurangi resiko kerusakan gusi, Memperbaiki fungsih kunyah, Memperbaiki suara vocal, Memperperbaiki Penampilan dengan senyum yang lebih baik karena gigi, bibir dan rahang lebih selaras sehingga Meningkatkan kepercayaan diri. Secara keseluruhan perawatan behel gigi tidak hanya untuk gaya tetapi untuk memperbaiki fungsi, estetik dan kesehatan secara umum.

Berapa Lama Waktu yang dibutuhkan Untuk Perawatan Behel Gigi

Lama waktu perawatan aktif mulai 1 tahun sampai 3 tahun atau bisa lebih sesuai  dengan keparahan maloklusi Gigi.

Macam-macam Perawatan Ortodonti

Alat ortodonti:

Lepasan

Cekat.

Lepasan bisa fungsional dan plat aktif. Alat fungsional untuk mengkoreki rahang pada masa tumbuh kembang, sedangkan plat aktif untuk mengkoreksi gigi maloklusi ringan. Alat cekat berupa behel gigi untuk mengkoreksi maloklusi yang membutuhkan pergerakan gigi secara keseluruhan, misalnya untuk kasus kompromi yang membutuhkan pencabutan gigi.

Alat Ortodonti Cekat: Kawat Gigi

  • Alat Ortodonti Cekat (Behel Gigi)

Navigation